Ada Apa Saja Sih di SEA Aquarium Singapura?

Harga tiket SEA Aquarium, aquarium terbesar di dunia


Ada apa saja sih di SEA Aquarium Singapura? Ini adalah pertanyaan saya ke suami saat beliau bilang nanti di Sentosa kita ke SEA Aquarium aja, anak-anak (baca: anak saya dan para keponakan) pasti suka. Terus saya masih penasaran, iya terus ada apa aja? Paling sama kaya di ancol. 
**
Liburan singkat di Singapura kemarin kami putuskan untuk mengisi hari kedua dengan mengunjungi Pulau Sentosa. Ini pulau udah terkenal banget deh, ibaratnya kalau udah sampai ke Singapura tapi belum ke Sentosa itu kaya makan nasi padang gak pake nasi, ada yang kurang #gakjelasanaloginya. Qiqiqi...

Sentosa ini komplit banget soal hiburan dan jajanan. Yang paling terkenal dan ikonik dari tempat ini adalah replika bola dunia yang terus muter bertuliskan UNIVERSAL. Meski mainstream tetaplah harus foto di sini. Objek wisata di sini rerata berbayar, mulai dari USS (Universal Studio Singapore), S.E.A Aquarium, dan museum maritim kalo gak salah. Plis correct me if im wrong.
Harga tiket masuk sea aquarium
Selalu ramaiiiii....

Harga tiket masuk ke USS ini sekitar 60SGD atau 600ribuan. Sementara SEA Aquarium kurang lebih setengahnya, dewasa 39 SGD, anak 29SGD, dan 3 tahun ke bawah gratis (anak 3 tahun masih terhitung gratis, USS juga sih). Jadi kalau kami ber-10 jelas terasa banget ya bedanya total harga USS dengan SEA Aquarium. Selain itu, pertimbangan lainnya kami memilih SEA Aquarium adalah berharap ada yang bisa dipelajari dan semoga menambah wawasan akan dunia satwa laut terutama untuk anak-anak.

Jadi ada apa saja sih di SEA Aquarium Singapura ini? Yang jelas anak-anak selalu antusias, termasuk anak saya ketika ditanya mau ngapain ke Singapura? Jawabannya adalah mau lihat hiu, wew... SEA Aquarium merupakan singkatan dari South East Asia Aquarium. Sebetulnya ya memang mirip seaworld ancol isinya aneka biota laut tapi yang ini versi lebih bagus, lebih variatif, lebih atraktif, dan lebih besar bahkan terbesar di dunia. Kebayangkan? 

Aquarium terbesar

Pertama kita masuk akan langsung disuguhkan pemandangan aquarium besar yang menutupi seluruh sisi dinding sebelah kanan kita (kecuali kalau kamu jalan mundur baru ada di sebelah kiri #apasihgakjelas). Aquarium tersebut seperti simbol selamat datang dan seolah ingin menunjukkan ini mah belum seberapa oiiiii, gak usah heboh gitu lah. Hahaa okesip! Maklum namanya anak-anak pasti suka banget lihat ini sampe gak mau udahan, padahal perjalanan masih panjang. Di dalam aquarium besar itu ada aneka ikan dan perahu yang karam yang sudah tertutupi lumut. 

Ternyata memang benar aquarium pertama tadi belum seberapa karena kalau kita menyusuri lagi lebih dalam ada sebuah ruangan semacam amphiteater di mana aquarium tersebut jauh lebih besar yang memenuhi seluruh sisi dinding depan ruangan tersebut.
cara menuju sea aquarium dari vivo city
Aquarium terbesar yang pernah saya lihat

Sebelah amphiteater ini ada fish dome, aquarium juga yang berbentuk seperti dome, jadi kita bisa melihat sisi atasnya. Fish dome ini merupakan kelanjutan dari aquarium yang ada di amphiteater tadi. 

SEA Aquarium ini memang luas banget, jadi kadang sambil membiarkan anak menikmati ikan-ikan kami yang dewasa duduk-duduk aja sambil istirahat. 

Aneka biota laut yang unik

Kami pun melanjutkan perjalanan, tidak jauh dari aquarium pertama tadi, bila berbelok ke arah kanan kita akan masuk ke sebuah lorong panel kaca besar yang isinya ikan-ikan hiu. Mulai dari yang kecil, sedang, hingga besar semua ada. Mulai dari yang mondar-mandir, ikutan selfie, sampe yang mager (baca: males gerak) juga ada. Seru lah ditempat ini anak akan belajar langsung bagaimana rupa hiu bahkan kita bisa mengintip sisi bawah tubuhnya juga.
ada apa aja di sea aquarium
Foto antimainstream bersama para hiu di SEA Aquarium

Hampir selalu ada yang menarik setiap kami berpindah tempat. Singapura memang pintar sekali memikat hati siapapun yang datang ke negaranya. Biota laut lainnya yang bisa kita temui di sini adalah ubur-ubur mulai dari yang standar, besar, hingga yang kelap-kelip berubah-ubah warnanya seperti pelangi.
Warna warni ubur-ubur di sea aquarium
Warnanya bisa berubah-ubah, cakep masya Allah...

Nemplok atau melayang?
Warna-warniiiiiii
Kalau di ruang amphiteater tadi bisa ditemukan banyak ikan pari dan yang mencuri perhatian saya adalah manta ray yang tengah berenang anggun banget bak burung terbang hanya saja ini di air. Aah keren banget manta ray ini, pembawaannya cool gitu deh.
Manta Ray "terbang" di air

Karena malam hari kami ada jamuan makan #tsyahbahasayanyaah jadi kami cepat aja melalui setiap aquarium dan ada satu yang membuat kami cukup lama di situ yaitu aquariun lumba-lumba, demi dapetin foto yang bernyawa kami rela nunggu sedikit lebih lama di sini. Lumba-lumba ini pinter banget bikin atraksi, saat kita gak siap tiba-tiba muncul, pas ditungguin malah gak datang-datang. Menggemaskan!
ada dolphins at sea aquarium
Whuaaa... Haloo..

Touch Pool

Ini adalah kolam kecil di mana kita bisa menyentuh secara langsung hewan laut yang ada, seperti bintang laut dan ikan-ikan lainnya. Tekstur bintang laut itu kalau menurut saya lebih mirip spons karet yang tebal dan keras. Bagi saya touch pool ini memberikan pengalaman baru bagi siapapun yang mencobanya. Selama kita mengikuti track insya Allah pasti ketemu kok dengan touch pool ini.
bintang laut di sea aquarium
Ngantriiiii

Lantai kaca

Wheew, sebetulnya lantai ini tidak panjang hanya sekitar 4meter-an tapi memberikan sensasi luar biasa, karena kita bisa berjalan di atas lantai kaca di mana di bawahnya kita bisa melihat biota laut. Ngeri juga sih, khawatir aja kalau kacanya gak kuat. Mana waktu itu ada anak kecil yang lompat-lompat padahal sudah dibilang dilarang begitu.
harga tiket masuk sea aquarium
Ngeriiiii

See you S.E.A Aquarium

Tidak terasa hampir dua jam kami habiskan waktu di dalam menyelami dunia bawah laut buatan. Kembali kami menaikki escalator daaaan lagi-lagi karena menggandeng anak, saya mendapat akses khusus tanpa antrian untuk keluar dari tempat ini. Keseruan gak cuma ada di dalam karena di luar pun banyak spot cantik berlatar belakang kapal cruise dan nuansa pelabuhan yang begitu hidup. See you S.E.A Aquarium, thanks for the amazing experiences.
See you on next trip stories

16 komentar:

  1. hmb, sepertinya saya harus cek dompet nih :D

    BalasHapus
  2. Wahhh, pengen banget ke sanaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Semoga ya mba Emmy dimudahkan semuanya.

      Hapus
  3. Mbak e bikin ngiler, jalan jalan ke Singapura. Aku kapan.. Huhuhu. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah mba. Allah udah janji mengabulkan permohonan hambaNya kok selama kita meminta padaNya :D

      Hapus
  4. Wah,ternyata komplit banget SEA Aquarium yaak..Pas ke Singapura kami skip ini karena merasa sudah pernah ke Sea World. hihihi..
    Thanks infonya,Mbak... bisa dikunjungi nih kalau next ke Singapura lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba, meski kata temenku tyt yang Jakarta Aquarium lebih komplit walau gak ada terowongannya.

      Hapus
  5. Uiihh yang lantai kaca itu loh...
    Coba dibawah nya ada Putri duyung .. #eehhh :p

    BalasHapus
  6. kereen mba, kayanya tempatnya lebih besar dari SEA WORLD Jakarta yaa mba.
    Ikan-ikan nya sama atau beda mba dari yang di Jakarta? Seperti lebih banyak varian yaa.
    Terima kasih untuk informasinya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya jelas mba, ini terbesar di dunia. Variannya jelas lebih komplit ini.

      Hapus
  7. wah mantap ya, mudh2an aku bisa ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Ke Singapura kalau mau dibikin murah bisa mba. Rajin cek2 tiket promo aja

      Hapus
  8. Tearkhir ke SEA World, anak-anak dengar sendiri kalau SEa World ini udah kalah besar sama Sea Aquarium. Sejak itu mereka sudah bilang kalau ke SG mau ke Sea Aquarium.Jadisaya yakin kalau suatu hari kami ke sana anak-anak tetep syukak. Tinggal ini simboknya disuruh lebih rajin menabung, wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku aminkan doa anak-anaknya mba. Semoga yaa tahun ini juga bisa ke sini.

      Hapus