Days Hotel at Zhongshan Park; Hotel Halal di Singapura dengan Rate yang Reasonable

Hotel halal murah di Singapura
Menikmati pagi di Zhongshan Park

Bepergian ke luar negeri itu memang seru, tapi bagaimanapun sebagai muslim tidak serta merta bisa meninggalkan syariat selama hal tersebut masih sanggup diperjuangkan. #tsyahbahasanyaaah

Sebelum menginjakkan kaki ke Singapura jadi saya dan suami itu sudah searching-searching tempat menginap yang muslim-friendly (baca: hotel halal murah di Singapura), artinya gak susah dalam hal mencari makan terutama. Kalau solat kan sebetulnya selama tempatnya bersih dan suci bisa di mana saja.

Nah, pilihan kami awalnya tertuju pada daerah Bugis, karena di sana banyak umat muslim dan restoran halal, jadi walaupun mungkin mencari penginapan yang tanpa sarapan kami setidaknya bisa dengan mudah beli makanan di sekitarnya aja. Tapiii, karena ada orang tua dan 4 anak rasanya ribet aja kalau menginap tanpa sarapan apalagi jadwal acara cukup padat. Pilihan kami sempat mendarat di Village Bugis Hotel. Tapi ternyata kalau pesan 3 kamar 2 malam harganya masih lumayan tinggi.

Sebagai family-traveler dengan konsep ramah-anak ala koper mini, saya pengen banget liburan nyaman tapi gak yang overpriced. Sebagai informasi aja hotel dengan restoran halal di Singapura rata-rata di atas 2jutaan permalam perkamar. Mungkin sertifikasi halalnya yang bikin mahal dan hotel-hotel kelas standar sulit mencapai hal tersebut, mungkiiin. Bayangin aja saat saya searching hotel dengan sarapan halal itu rerata ada di hotel bntang 4 ke atas, seperti Boss Hotel, Marina Mandarin, Royal Plaza on Scotts, Fairmont Singapore, dan Grand Mercure Roxy. Lihat namanya aja sudah kebayang kan harganya.

Penasaran banget, masa sih gak ada hotel standar aja gitu yang halal. Dan alhamdulillah when there is a will there is a way. Akhirnya saya lupa searching di mana ketemu lah dengan Days Hotel at Zhongshan Park ini, hotel halal di Singapura yang "murah" kalau dibandingkan hotel-hotel yang sudah saya sebutkan tadi. Karena penasaran saya langsung lihat laman website resminya dan menurut saya hotel tersebut kami banget, sangat layak untuk liburan dengan orang tua dan anak.
Penampakan Luar Days Hotel

Hotel ini terletak di daerah Belestier. Lokasinya mungkin tidak sestrategis Bugis yang ramai, banyak jajanan dan dekat objek-objek wisata. Tapi kalau kalian mencari ketenangan, daerah yang tidak terlalu hectic di Days Hotel bisa jadi pilihan. Sebetulnya daerah sekitar Days Hotel juga bukan yang terisolasi banget, karena ada mall yang bisa dikatakan menyatu dengan hotel, ada taman yang luas, dan ada free shuttle dari hotel ke Orchard maupun Novena MRT. Mall Zhongshan ini cukup besar ada swalayan, toko farmasi, money changer, tempat makan, dan lainnnya. Saat itu jumat pagi saya melihat ada sekumpulan lansia sedang senam di taman Zhongshan. Sepertinya Singapura bukan hanya negara yang ramah anak tetapi juga ramah lansia.
Lansia senam pagi di Zhongshan Park

Days hotel at zhongshan park; hotel halal termurah di Singapura
Zhongshan Park
Soal fasilitas menurut saya hotel ini sudah sekelas bintang 5 hanya kurang kolam renang, tapi it's ok karena biasanya pelancong Indonesia eh saya sih tepatnya jarang traveling ke luar negeri untuk berenang, hmm apa yah sayang aja gitu waktunya, mending untuk eksplor tempat lain. Fasilitas yang diberikan di Days Hotel at Zhongshan Park ini antara lain, free wifi dan computer station, halal-certified-all-day-dining-restaurat24-hour gym24-hour front desk, multi-lingual Staff (bisa bahasa Indonesia juga lho), dry cleaning dan laundry, wake-up calls (di kamar juga ada jam), entirely non-smoking propertysmartphone gratis dengan unlimited 4G and IDD calls ke beberapa negara, self-serviced laundromat, ice machine, complimentary newspapers (on request), tersedia akses bagi para disabilitas, dan tersedia parkir basement.
Days Hotel Singapore, Cheap hotel halal
Yang merah itu shuttle yang akan mengantar tamu hotel ke MRT Novena atau Orchard

Kesan awal memasuki hotel ini sih sangat baik. Stafnya ramah menyambut kami sore itu. Proses cek-in juga tidak pakai lama. Sebagai informasi kami memesan hotel di sistem online. Karena turis, kami diminta menyerahkan paspor tiap orang dewasa dan deposit 100 SGD perkamar.

Kami memesan 3 kamar queen bed size, jadi ukuran kasurnya gak terlalu besar, ruangannya juga sekadar pas aja tapiii kelebihannya di kamar ada semacam sofa panjang yang bisa digunakan untuk tidur. Dan seperti biasa suami selalu berkorban tidur di situ. *kisskiss

Kamarnya tidak terlalu luas tapi semuanya serba pas dan memang sesuai fungsinya. Ada meja samping tempat tidur lengkap dengan colokan lubang 3 (colokan indonesia juga bisa masuk), ada meja kerja menghadap jalan, ada lemari pakaian yang berisi setrikaan dan meja gosokan, serta kaca dinding yang minimalis dan fungsional. Yang saya suka dari kamar mandinya adalah adanya shower kloset. Yang lainnya standar hotel berbintang lah pokoknya. Ada hairdryer juga yang letaknya di dalam lemari pakaian. Oya satu lagi, hotel ini menyediakan smartphone yang bisa kita bawa kemana-mana selama menginap di sana. Asyik kaan...
Ukuran kasurnya tidak besar tapi disebelahnya ada semacam bangku panjang yang bisa digunakan untuk tidur
My travel buddy

Rate kamar ini sekitar 150 SGD permalam perkamar. Sudah termasuk sarapan untuk 2 orang dewasa. Saya menginap di sana bersama 5 dewasa lainnya dan 4 anak. Usia 3 dan 4 tahun sarapan gratis, yang 5 dan 8 tahun masing-masing bayar setengah.

Bicara soal sarapan, restoran ini sudah mengantungi sertifikat halal. Inilah poin utama kami memutuskan menginap di sini. Bukan hanya tamu hotel yang bisa makan di sini orang luar pun diperbolehkan makan di 21 on Rajah Restaurant, nama lain restaurant hotel ini. Menunya sangat bervariasi, mulai dari menu utama yang menyajikan bihun, nasi goreng, sayuran, sosis, dan lainnya. Aneka salad, buah, jus, roti dan cereal. Pelayanan di sini cukup oke, stafnya ramah dan cepat tanggap. Desain ruangannya juga cozy dan luas.
Restoran 21 0n Rajah sudah mengantungi sertifikat halal

Di malam pertama kami menginap di sini kami memutuskan untuk makan malam di hotel saja di restoran 21 on Rajah Restaurant. Sistemnya buffet, all you can eat jadi kaya sarapan aja bisa ngambil sepuasnya. Ternyata malam hari juga banyak yang makan di sini, menunya lebih variatif dari sarapan, apalagi anak saya gembira mengetahui ada sajian marshmellow dengan lelehan coklat panas dan es krim serta berbagai toping yang bisa diambil sepuasnya. Ada menu seafood yang segar banget, seperti udang yang ukurannya cukup besar, kepiting, dan kerang yang menggoyang lidah. Awas bisa kalap! Kalau saya sendiri tipe yang harus makan nasi. Jadi ya untuk kali ini saya terpaksa cheating dari Food Combining. Daging iga dan ikannya sangat lembut dan lunak, bumbu karinya pas banget dengan lidah Indonesia. Buah-buahan segar di sediakan satu kulkas khusus bagi siapapun yang ingin memakannya. Kalau suami sih ngambil kesukaannya rib eye steak.
Rib Eye Steak (menu dinner) yang empuk banget.

French Toastnya dipadu dengan maple syrup dan butter enaak banget
Suasananya cozy banget bisa tembus ke taman Zhongshan
Untuk makan malam di restoran 21 on Rajah ini kami kira akan menghabiskan biaya yang cukup besar menginat menunya yang super komplit dan berkualitas. Kisaran kami sih bisa jadi perorang dikenakan 50 SGD, soalnya di restoran dengan menu biasa aja bisa habis 10-15 SGDan. Ternyata untuk 10 orang (6 dewasa dan 4 anak di mana yang 3 tahun free) total biaya yang kami keluarkan sebesar 260 SGD. Kalau dibagi rata 10 orang kisaran 26 SGDan (atau sekitar 260 ribu), menurut saya angka yang sangat wajar. Harga tersebut sudah dipotong diskon karena kami adalah tamu hotel tersebut. Potongan diskonnya sekitar 20% kalau tidak salah.

Days Hotel at Zhongshan Park bagi saya nama baru di antara hotel halal lainnya di Singapura dengan rate yang reasonable bahkan bisa dikatakan murah bila dibandingkan apple to apple dengan hotel ternama lainnya. Punya rekomendasi hotel halal murah lainnya di Singapura? Please comment below... :)