Merencanakan Liburan di Perth 5D4N; Itinerary, Akomodasi, Makanan Halal, dan Budget!

itinerary liburan di Perth 5 hari

Sebagai informasi saja kami liburan di Perth saat bulan Januari yang mana kondisi cuaca di Perth lagi panas-panasnya? Gak seru dong? Jangan salah justru ini waktu terbaik bagi kamu pecinta pantai, taman, atau yang memang ingin merasakan liburan yang lebih lama. Why? Karena durasi siang saat musim panas lebih panjang ketimbang malam hari.

Okey, langsung saja ya. Walaupun secara de fakto keberadaan kami di Perth adalah 5D4N namun secara de yure #apasih haha... liburan kami di sana hanya berlangsung 3 hari efektif. Kenapaaaa? karena jadwal penerbangan kami tiba di Perth sore hari dan kami harus kembali pagi hari, jadi dua hari tersebut hanya untuk perjalanan.

Tapiiiiii, meski hanya 3 hari ada banyak tempat yang bisa kami sambangi lho. Walaupun kata sang tour guide, dibutuhkan waktu setidaknya dua minggu untuk bisa menjelajahi Perth dengan nyaman. Hmm... *kesanalagiapayah 

Okey, sekarang dari persiapan dulu ya. Sebagai WNI kita perlu paspor untuk bisa keluar negeri. Paspor saya dan suami sama-sama sudah mau expired, jadi harus perpanjang dahulu, biayanya sekitar 600ribuan perpax. Lalu tidak lupa mengurus visa untuk mengunjungi Aussie. Caranya, bisa baca di sini. Karena kami semua belum punya visa jadi kami semua membuatnya dengan harga sekitar 1.65 juta per pax dan kami berangkat ber 5. 

Soal tiket penerbangan, inilah pos terbesar menurut saya kalau kita liburan ke luar kota/negeri. Alhamdulillah saya dan suami dapat tiket pp ke Perth gratis, jadi cukup bayar untuk anak dan kedua orang tua sebesar, 5juta per pax.

Sekarang soal akomodasi, land tour, dan makanan halal. Ini saya jadikan satu paket, karena jujur ini adalah pengalaman pertama saya ke luar negeri di mana muslim sebagai minoritas. Thats why mencari tour halal adalah kebutuhan kami. Selain itu menurut saya liburan bersama anak (balita) dan orang tua bukan saatnya untuk back-packeran. Bagaimanapun bukankah memuliakan mereka adalah kewajiban? Semoga Allah senantiasa mencukupkan kebutuhan kami ya. #doayangsamauntukkalian

Soal paket tour ini kami mempercayakannya pada Jutawan Tours. Saat itu, mereka lagi ada sale awal tahun. Total ber-5 yang kami keluarkan sekitar 2115 AUD kalau dikurskan ke rupiah sekitar 22,2juta rupiah dari harga normal sekitar 3000an AUD. Menurut saya ini jauh lebih hemat ketimbang mengatur semuanya sendiri-sendiri.

Bayangkan saja untuk penginapan karena kami dua keluarga jadi butuh dua kamar untuk 4 malam. Kalau kami perhatikan harga penginapan perkamar permalam saja yang paling standar sekitar 1jutaan. So, kalau dua kamar 4 malam sudah 8 jutaan sendiri, belum biaya transportasi, makanan halal, tiket wisata plus waktu yang bisa jadi kurang efektif untuk mengunjungi banyak tempat sekaligus.

Mengikuti paket tour ini menurut saya memiliki kelebihan tersendiri. Pertama kami menginap di apartemen dengan dua kamar sehingga kami tetap bisa berkumpul bersama setiap saat. Lalu karena apartemen, kami bisa menghemat biaya makan seperti sarapan dan makan malam (bisa manasin makanan saat lunch karena porsinya yang gede bangets). Ketiga, gak usah pusing mikirin naik apa turun di mana, makan apa di mana, bayar tiket wisata berapa, yang kesemuanya dapat menghemat dan mengefektifkan waktu perjalanan kita selama di sana. Keempat, jelas ada yang bisa bantuin untuk mengambil gambar bahkan travel kami juga membuatkan video perjalanan yang asliiii bikin kami #ehsayatepatnya sulit move on dari liburan kemarin.

Sekarang soal itinerary, meski 5D4N ini bisa digunakan untuk kalian yang hanya punya waktu 3 hari di sana dengan catatan flight tiba pagi dan flight berangkat malam.

Day 1: Tiba sore hari langsung airport transfer ke Apt. Mont Clare di Hay Street.
Free and easy, menikmati suasa sore Perth yang sangat tenang. Yup, karena umumnya toko-toko di sini mulai tutup jam 5 sore.

Day 2: Perth walking guided city tour
Jam 09.00 berkumpul di bus red CAT depan apartemen untuk berjalan menuju Elizabeth Quay (photostop di swan bell tower) di sini kita bisa menikmati jantung kota Perth sambil memandang langit biru, dan sungai swan. Lanjut mengunjungi Hay street (hay street ternyata luas bok!) dan Murray street Mall (pusat belanja dan jajanan middle up) serta tak lupa mengunjungi London court (little british). 

Makan siang di salah satu rumah makan melayu.

Watertown (mall barang branded dengan harga miring. Yang ini kami skip, hmm apa ya kayanya sih bayangan kami mirip mall-mall besar di ibukota)

Kingspark Botanical Garden (Kami lebih banyak menghabiskan waktu di sini, ngapain? Jalan-jalan santai, duduk-duduk melihat paduan antara kota Perth, sungai swan, dan langit yang biru, pokoknya indah banget, dan ini salah satu tempat wajib ya)
Itinerary liburan di Perth di kings Park
Kings Park Botanical Garden

Blue boat house (gak ada dalam itinerary, cuma karena kami skip water town jadi masih ada waktu mengunjungi salah satu landmark Perth ini).

Day 3: Caversham+Swan Valley Tour+Hyde Park
Caversham: Meet the koalas, feeding kangaroos, and meet others unique Australian animals
Memberi makan kangguru di Caversham
"Mungkin dia sudah kenyang yah"
Margaret River Chocolate Factory (free chocolate testing). Awas, kalap borong coklat, eskrimnya recommeded! (Jangan lupa tanya ya, pakai alkohol tidak?)
Solat zuhur at At Taqwaa mirabooka mosque
Suha grape farm (petik anggur)
House of Honey (toko madu, ada satu madu asli Australia Barat namanya madu Jarrah, katanya sih banyak manfaatnya).
Mondo Nougat and Morish Nuts (Toko coklat, es.krim, kacang-kacangan, cocok buat oleh-oleh juga).
Hyde Park (taman kota yang asri banget, cocok ke sini sore hari, bersantai menikmati kesegaran udara hutan kota, ada tempat main anak juga)

Day4: Fremantle-Mandurah Tour
Menikmati udara pagi di Cottosloe beach (pemandangannya, awesome, masya Allah!)

Pemandangan pantai cottesloe yang indah, masya Allah
Allah is the Greatest!
Monumen hill & Fremantle Prison
Belanja oleh-oleh di E-shed Market, Victoria Quay (toko Aussin, pemilikinya orang Indonesia, harga paling murah, banyak dikasih diskon :D)
Makan siang fish and chips di Kailis (saladnya seger banget, pas dimakan siang-siang)
Solat zuhur dalam perjalanan menuju Mandurah di Masjid Ar Rukun (Rockingham).
Tiba di Mandurah jam 2.30an naik kapal yacht berlayat menyusuri perairan mandurah mencari sekumpulan lumba-lumba. (Alhamdulillah, beberapa saat sebelum selesai, kami melihat geliat lumba-lumba langsung dari habitatnya)
Sore hari stop over di South Perth Esplanade (speechless lihat foto aja ya, soalnya suasananya enak banget sama keluarga di sini).

Day 5: check out and airport transfer jam 06.00 (maklum pesawat kami heading to Bali jam 08.30an)


Nah, itulah kira-kira rangkaian perjalanan kami dan rincian budget yang kami keluarkan, kira-kira sebagai berikut:

Paspor : 2x655.000 = 1.310.000
Visa : 5x 1.655.000= 8.275.000
Tiket : 3x5.000.000= 15.000.000
Paket tour = 22.200.000
Makan dan jajan = 1.000.000

Biaya di atas tentu bisa dikurangi apabila kamu sudah punya paspor dan visa yang masih berlaku, menginap di homestay daerah suburb dan menggunakan trnsportasi umum, dan tentunya bila jumlah pax yang ikut sedikit.

Untuk sebuah liburan keluarga private (tanpa dicampur tamu lain), budget di atas jauh lebih hemat ketimbang ikut paket tour dari travel ternama dengan itinerary seperti di atas.

So, dont ever think about money when you decide traveling with family. Bagaimanapun, saya percaya Allah akan selalu mencukupi kebutuhan hambaNya selama digunakan untuk kebaikan. 

Let's make travel!

2 komentar:

  1. Waaah.. informasi yg sangat lengkap n penting.. terimakasih mba Dwi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama mba Iffah, terima kasih sudah berkunjung :)

      Hapus