Marina Barrage; Bukan Bendungan Biasa

Bendungan yang jadi objek wisata Singapura

Apakah kamu senang mendatangi tempat yang antimainstream saat liburan? Kalau ya, saya rasa Marina Barrage ini salah satu tempat yang tepat untuk kamu kunjungi selama di Singapura. Mengapa harus ke sini, bukankah cuma bendungan? Betul, tapi bagi saya Marina Barrage lebih dari sekedar bendungan, melainkan ada ilmu pengetahuan, kebermanfaatan, dan rekreasi tentunya.

Tidak banyak orang yang tahu bahwa bendungan di tengah kota ini memiliki pemandangan yang indah terutama saat sore hari menjelang sunset. Tidak hanya itu kalau biasanya kita berfoto berlatar belakang Marina Bay Sand dari sisi di mana ada Merlion dan esplanade, tapi di Marina Barrage justru kita akan mendapatkan foto dari arah sebaliknya.

Waktu kami ke Singapura April lalu, driver yang mengantar kami selama di Singapura sempat tidak merekomendasikan tempat ini untuk dikunjungi, alasannya hanya bendungan, tak ada apa-apa. Saya pun hanya tersenyum dan membiarkan diri saya berlalu darinya, haha #apasih lebay. Yang jelas Marina Barrage sudah masuk dalam itinerary saya jadi must visit banget.

Sekilas tentang Marina Barrage


Bendungan ini merupakan visi Perdana Menteri (PM) Singapura pertama, Mr. Lee Kuan Yew dan diresmikan oleh Mr. Lee Hsien Loong (PM Singapura saat itu) pada 31 Oktober 2008 lalu. Marina Barrage adalah bendungan ke-15 di Singapura yang juga menjadi bendungan pertama yang ada di tengah kota sekaligus yang terbesar  dengan luas 10.000 hektar. Lokasinya berada di area Marina Chanel. Fungsinya si Marina Barrage ini selain untuk menjaga pasokan air bersih untuk warga Singapura juga untuk mengontrol banjir dan sarana rekreasi. 
Marina Chanel
Bendungan ini banyak mendapat penghargaan internasional, salah satunya:
 "The highest honour for the best project entry" dari The American Academy of Enviromental Engineers Annual Award.


Fasilitas yang ada di Marina Barrage

Di lantai bawah, tidak jauh dari tempat parkir ada restoran keluarga, hanya saja saya kurang paham bagaimana kehalalannya. Kalau mau ngirit, bisa membawa bekal sendiri, nanti makannya di atas di lapangan yang luas sambil melihat lalu-lalang pesawat dan aktivitas pelabuhan, wooh awesome!
Restoran atau cafe di Marina Barrage
Yang lapar ... Yang lapar ...

Nah untuk bisa ke atas menikmati keindahan Singapura dari sisi yang berbeda, sudah disediakan tangga yang kalau untuk ukuran orang Indonesia, kebanyakan reaksinya nanya gini, "ada lift gak?" Ahaha... tapi emang anak tangganya banyak dan kita harus naik hingga ke lantai 3 kalau gak salah. Sayangnya di sini tidak ada eskalator, tapi tenang masih ada lift kok, *yeay, kami pun gembira*
Fasilitas Marina Barrage
Posisi lift agak tersempil
Fasilitas menarik lainnya yang ada di sini adalah Gallery cafe, water playground, toilet, dan lainnya. Sayang kami tidak mengunjungi ini semua karena yang kecil-kecil udah capek banget.

Aktivitas yang bisa dilakukan di Marina Barrage


Kemarin kami mendatangi tempat ini pada kamis sore. Saat itu tempat ini tidak terlalu ramai, mungkin karena cuaca masih panas dan terik. Namun saya melihat ada beberapa kelompok orang yang tengah mengadakan piknik kecil-kecilan bersama temannya. Sebagian lagi ada asyik berdua di tengah taman dan ada juga yang sedang melakukan foto prewed. Kami sendiri memilih duduk-duduk santai menikmati geliat kota Singapura sore hari. 
Things you can do in Marina Barrage
Kurang dari 5 menit biasanya kita bisa melihat pesawat yang akan landing dari sini,

Kebanyakan sih katanya tempat ini dikunjungi oleh para mahasiswa untuk meneliti atau menggali informasi untuk tugas sekolahnya.

Jadi kalau ditanya, bisa ngapain aja, jelas banyak ya. Mulai dari melihat barisan pesawat yang hendak landing, aktivitas pelabuhan, pikinik bersama teman atau keluarga, bermain layangan, bermain air, jogging, bersepeda, hingga menikmati sunset sambil  tafakur alam.

Cara untuk menuju Marina Barrage


Sebetulnya saya juga kurang paham kalau naik transportasi umum ke Marina Barrage. Buat kamu yang juga pengen ke sini mungkin MRT yang menuju Gardens by The Bay bisa dijadikan patokan, karena lokasi keduanya searah dan tidak terlalu jauh.


Tips bila akan mengunjungi Marina Barrage


1. Buat anak-anak yang suka main air, baiknya membawa baju ganti. 
2. Bawalah alas kain dan bekal makanan dan minuman bila ingin menikmati rekreasi ini dengan piknik.
3. Kunjungi sore hari kalau bisa menjelang sunset supaya dapat melihat gemerlap gedung-gedung pencakar langit yang sangat cantik. Kemarin kami mengunjungi tempat ini jam 4 sore, cuaca masih cukup terik. 
4. Hmm apa lagi ya? *thinking. Yang mau tambahkan feel free isi dikomen yaa...

Tips menghemat air ala patung water drops Marina Barrage



1. Gunakan flush kecil bila memungkinkan. Kalau tanpa flush, gunakan gayung dengan air secukupnya, yang penting bersih dan tidak menimbulkan bau.
2. Cuci sayur dan buah-buahan dalam baskom berisi air. (Hmm, bukannya bagusan pakai air mengalir ya?)
3. Gunakan cangkir untuk menyikat gigi. Nah kalau ini sudah saya terapkan ke anak.
4. Mandinya jangan lama-lama ya.
5. Cuci pakaian dalam kondisi muatan penuh. Jadi mungkin maksudnya kalau ada pakaian putih cuci terpisah aja secara manual daripada nyuci dua gelombang menggunakan mesin. Soalnya kalau mesin cuci kan pakaian sedikit atau banyak airnya sama, gitu kali ya...

So, kesimpulan dari perjalanan kali ini adalah bukalah mata hati kita. Karena semua tergantung dari mana kita melihatnya, karena hati yang sebesar lubang jarum bagaimana bisa melihat keindahan seekor nyamuk. Begitupun dengan ini, kalau kita hanya memaknai ini sebagai sebuah bendungan tentu tak akan bisa menikmati keindahan Singapura dari sisi lainnya.
Bendungan Marina Channel
See you on our next trip stories

9 komentar:

  1. Aku belom pernah ke singapore. Jadi excited banget membaca apapun ttg negara ini. Siapa tau nanti kesana, aku sudah gak celingukan lagi. Dan dari semua artikel ttg SG, aku baru kali ini baca tentang bendungan ini.. Nice post mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa semoga ya mba, negara tetangga ini sekarang banyak tempat baru yang cantik-cantik.

      Hapus
  2. Huaaa saya baru tahu disana ada bendungannya lhooo Mbak Arum :D untung Mbak Arum cerita hehehe, jadi tauuuu dech.

    Btw main airnya dimana Mbak, penasaran gak ada fotonya hehehe. Seruu ke Singaporenya, jadi pengen main kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Profesi blogger ini membuatku jadi mencari tahu sesuatu yang tersembunyi, wkwkwk lebay. Ada mba, duuh aku gak eksplor lebih lanjut, bocah-bocah udah kecapean, lumayan luas ini soale. Nti mba Dira yg ke sini eksplor yaa..

      Hapus
  3. tripnya ke singapore nih. akhir2 ini banyak blogger yang ngetrip kesana. cuma saya doank yang betah di indonesia wkwkwk.
    kapan2 deh insyallah kesana. aku suka bgt foto yang menampilakan keindahan lautnya.. bikin sejuk sampe kesini hehehe. dket ama kuliner pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makin lahap makannya ya mba, qiqiqi...

      Hapus
  4. Kalo traveling, biasanya aku juga seneng dtg ke tempat yg ga biasa, daripada yg udah mainstream. Jujur loh, yg marina barrige ini aku baru tahu mba :D. Kalo ke sibgapur biasanya cuma main wahana extreme di Clarke quay, trus balik jakarta :D

    BalasHapus
  5. nah ini.... ga sempat sempat kemari waaaaaaaaaa

    BalasHapus
  6. Kayaknya enak ya mba duduk2 sore, ada pemandangan pesawat jg lagi. Klo saya bisa betah lamaa

    BalasHapus