Terbang ke Singapura Bersama Batik Air


Pengalaman naik Batik Air ke Singapura
Maafkan atas ketidaksempurnaa gambar #hiyaah...

Ini kali kedua kami menggunakan Batik Air untuk penerbangan Internasional. Rute internasional pertama kami dengan Batik Air adalah ke Perth, monggo yang mau baca pengalaman terbang bersama Batik Air ke Perth. Banyak pertanyaan yang muncul ke saya nggak khawatir naik Batik Air? Emang bagus ya? Asliii ini bukan postingan bersponsor, cuma karena banyak yang tanya yo wes tak tulis aja di sini ya...

Dulu, saya juga sama kok sempat ragu mau naik Batik Air, maklumlah ya stigma negatif saudaranya si Lion masih melekat kuat karena kan masih satu grup. Tapi, di tengah krisis kepercayaan ini, kenapa pada akhirnya saya memilih si Batik menjadi maskapai langganan? Semua gara-gara suami saya, ahaha... Jadi beliau ini sudah beberapa kali lebih sering naik Batik ketimbang saya dan menurutnya Batik juga bagus, justru dia paling on-time di antara maskapai lainnya, pesawatnya baru, dan full-service dengan harga yang bedanya cukup jauh dengan si plat merah. 

Heuheuu... baiklah untuk pertama kalinya saya mencoba naik maskapai ini adalah untuk rute Surabaya-Jakarta kalau tidak salah (saking seringnya), ahahah.. Alhamdulillah tak ada kesan negatif selama perjalanan, hal tersebut yang kemudian membuat saya bergumam, "boleh juga" apalagi ditambah memiliki on-time performance yang baik, stafnya ramah, dan smooth landing. Atas dasar itulah, akhirnya ke Singapura pun kami kembali memilih maskapai Batik (karena pertimbangan membawa anak-anak juga sih.). 

Untuk penerbangan Internasional Batik Air berada di Terminal 2D bandara Soekarno Hatta, CGK. Kami berangkat pagi hari, antrean di counter check-in ramai tapi lancar. Niatnya sih gak mau check-in baggage, tapi karena stroller si keponakan nggak bisa masuk bagasi kabin, ya sudah semua koper mini kami sertakan masuk bagasi. 

On Time Performance
Pengalaman yang sudah-sudah, alhamdulillah setiap terbang bersama Batik Air kayanya nggak pernah telat. Jadi saat itu kami sudah siap-siap paling nggak 45 menit sebelum jadwal, sudah ada di area tunggu. Dan bener aja kan kurang 30 menit kami semua sudah disuruh boarding. Bahkan asli kagum banget waktu nyocokin saat pertama kali pesawat push back dengan jam di handphone. Beuuh, on time banget. Tapi kan ya gitu, traffic di landasan cukup padat, jadi take offnya ya nggak pas seperti di jadwal juga, tapi it's okey!

Komunikatif
Yang saya suka pilotnya ini komunikatif, maksudnya begini hampir setiap naik Batik Air pilotnya itu selalu menyapa dan memaparkan bagaimana kondisi cuaca selama di atas dan di tempat tujuan. Apa maskapai lain gitu juga ya? (Maklum jarang naik yang lain). Pengalaman menjelang landing di Singapore, sang pilot bilang intinya bilang bahwa karena kepadatan lalu lintas di bandara Changi, pesawat kami harus antre hingga 30 menit jadilah kami berputar mengeliligi wilayah selatan Singapura.
naik batik air ke Singapura
Alhamdulillah, overall cuaca baik, meski ada sedikit guncangan ringan

IFE (In-Flight Entertainment)
Saat keberangkatan sayangnya banyak film yang tidak bisa diputar padahal bilangnya sih mau direset. Syukurnya masih ada 1 film anak yang masih bisa diputar. Saya berharap sih ada film atau kartun baru kekiian untuk anak, misal: Tayo, Robocar Poli, Litle Poni (deuuh anakku pasti gembira banget ini)

Meals on board
Mungkin karena dekat kali ya, jadi tidak ada nasi untuk penerbangan rute ini. Saya juga menyayangkan sekarang air mineralnya disajikan dengan gelas, padahal enak yang dulu pakai botol jadi gak ada yang mubazir. Selama perjalanan dari dan ke Singapura kami mendapatkan roti dan snack gurih seperti nugget. Rasa rotinya cukup enak, snack gurih lumayan untuk mengganjal perut. Soal cita rasa dan kualitas makanan saya akui maskapai sebelah lebih oke.
makanan di batik air
Anak saya sih suka rotinya.

Leg room
Saya pribadi hampir tidak ada masalah dengan leg-room karena memang tubuh saya cukup mungil. Sementara buat suami saya leg-room ini penting karena beliau kan tinggi dan tubuhnya juga cukup besar.
Spacious leg room batik air
Lumayanlah yah..  Itu dalam kondisi biasa lho nggak dirapet-rapetin supaya kelihatan lega.

Ramah penumpang
Maksudnya begini, saya pernah melihat di layar monitor saat peragaan alat keamanan di pojok kiri/kanan bawah gitu ada video untuk para tuna rungu. Menurut saya ini sangat baik, karena itu artinya Batik Air sangat welcome dan begitu peduli terhadap keselamatan seluruh penumpangnya.

Kemewahan yang terjangkau
Kalau bicara fasilitas maskapai ini beda tipis dengan si maskapai sebelah. Yang membedakan adalah kualitas rasa makanan dan harga. Ya, dengan fasilitas serupa kita bisa dapatkan harga yang cukup jauh di bawah harga kompetitornya (baca: ga***a). Kemarin saja untuk GA harga tiket SG pp dari Jakarta paling murah 2.6an juta. Sementara Batik bisa menyetuh harga di 1.5juta pp. See? Gak berlebihan kan kalau saya bilang Batik Air itu ya kemewahan yang terjangkau. 

Perjalanan dengan Batik Air ke Singapura nantinya akan tiba di T3 bandara Changi. Jalannya cukup jauh untuk sampai ke imigrasi. Siapkan stamina atau bisa juga sekalian eksplor Changi aja yes. Nah demikianlah review singkat saya selama terbang dengan Batik Air ke Singapura
Alhamdulillah, tibalah kami di Changi dalam cuaca yang cukup terik.

42 komentar:

  1. Info menarik. Batik memang harganya masuk akal untuk ukuran pelayanan yang cukup bagus sih. Kalau Lion memang lebih murah, tapi ya gitu deh ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba, semoga si Batik bisa mempertahankan kinerjanya

      Hapus
  2. Lebih irit ya dengan fasilitas yang bersaing...

    BalasHapus
  3. Betul, kalau ingin kenyamanan dengan harga yang terjangkau maskapai ini bisa jadi pilihan.

    BalasHapus
  4. Banyak yaaa yg merekomend Batik Air ini. Kapan² ah milih booking yg ini drpd saudaranya...
    Hehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah mba, sesekali cobain dan rasakan bedanya yaa...

      Hapus
  5. Tiket murah bisa jadi pilihan saat mau terbang dan melakukan wisata. Enaknya lagi on time penerbangan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mpo, buat yang bergulat sama waktu baiknya mending pilih yang ini daripada saudaranya.

      Hapus
  6. Oh batik itu satu grup ama lion ya Bun. Baru tahu saya. Maklum saya belum pernah naik pesawat dan belun ada keadaan juga yang memaksa kita pergi jauh-jauh hihihi. Tapi sepertinya cepat atau lambat akan ngerasain jg naik pesawat karena konsekuensi pekerjaan suami yang harus siap di mutasi kemana saja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Bun banyak yang belum tau ya mereka satu grup. Bagus berarti brandingnya ya, ahahah... Whuaa iya kalau udah soal pekerjaan memang harus siap ya untuk hijrah.

      Hapus
  7. Saya pernah naik Batik Air, fasilitasnya bagus. Tapi bukan buat berangkat ke luar negeri sih mbak, masih dalam negeri 😂.
    Lumayan murah ya harga tiket pp nya. Punya sih rencana untuk bisa traveling ke LN, tapi budgetnya belum memadai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga ya mba dalam waktu dekat bisa cuss ke LN.

      Hapus
  8. Lumayan juga ya untuk batik air,secara sekarang saya suka ngeri2 kalo naik pesawat selain si burung. Eh tp aku belum pernah juga sih naik pesawat hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duluuuu saya juga maunya si burung, sekarang alhamdulillah sudah terbangun trust sama yang ini. Semoga tetap bisa menjaga kinerja baiknya..

      Hapus
  9. Hai mbak..jadi terbang dengan batik air ga ada masalah ya?saya baru tau kalo batik air masih satu grup dengan penerbangan singa itu ya..Semoga seterusnya performa layanannya dipertahankan ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga ya mba. Kita sebagai penumpang berharap banget mereka bisa memberi kepuasan pelanggan yang baik.

      Hapus
  10. Mba suka traveling jg yah? Samaaa dong hehe aku juga dan dapat suami yg suka traveling juga, hehe. Btw aku pernah coba batik air waktu malaysia. Kirian si sodaranya soalnya pelayanannya lebih bagus, fasilitasnya overall jg better. Kemewahan yg terjangkau 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Toss mba Visya... Insya Allah, next mau juga nyobain ke KL naik ini aah..

      Hapus
  11. wah saya baru tahu batik air ada terbang ke singapura
    belum pernah naik batik air ke singapura
    maklum saya tinggal di daerah perbatasan jadi ke singapura naik kapal ferry 2 jam
    pengin sesekali nyoba naik pesawat ke changi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal di manakah mba? Jangan-jangan liburannya ke Singapura terus nih.

      Hapus
  12. Seneng banget sekarang ke Singapur banyak maskapainya. Dan daku belum pernah dengan batik air. Jadi rekomendasi daku nih buat penerbangan berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Monggo dicoba mbak nti share juga yaa...

      Hapus
  13. Bisa jadi rekomendasi kalao2 suatu saat butuh bepergian ke luar kota atau Luar negeri naik pesawat terbaaaaang... 😀😀 soalnya aq belum pernah naik pesawat ngajak anak2 nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anak-anak kemungkinan besar suka banget karena ada IFEnya di dalam dan harganya masih reasonable.

      Hapus
  14. Batik Air ini favorit aku juga Mba. Sering terbang Jakarta - Makassar dan dapat makanan yang enak-enak. Belum pernah ngerasain delay pun (semoga terus on time). Baca postingannya jadi pengen bepergian ke LN pake batik deh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuaa iyakaah? ternyata banyak teman saya ke wilayah Indonesia timur naik ini.

      Hapus
  15. Jadi kepengen coba batik air nih kak. Yang biasanya suka berpergian itu suami saya dan dia pernah coba batik air. Dan katanya bagus dan sangat recomended harganya pun tidak mahal.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau bandingkan apple to apple dengan plat merah iyah menjadi kemewahan yang terjangkau #eaaa

      Hapus
  16. Setuju mba aku jg dulu agak worried waktu naik Batik air pertama kalinya krn biasa naik Garuda. Eh sekali coba ternyata servicenya bagus

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama dong kita mba, dulu juga saya maunya terbang sama si Burung.

      Hapus
  17. Aku baru tauuu Batik terbang ke Singapore hehehehe. Lumayanlah masih dapat snack dibanding yang satunya lagi hihi. Berarti lebih banyak pilihan nih kalau mau main ke negeri sebelah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyah banyak yang gak tau ya. Soalnya kalau ke Singapura banyak maskapai LCC apalagi para backpaker, jadi yg full service kaya gini kurang terdengar gaungnya.

      Hapus
  18. Ak blm pernah naik batik karena trauma naik si singa. Udah di dlm pesawat tp pesawatnya gak take off take off. Mana ac nya pun gak dinyalain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kayanya aku pernah denger kasus yang ini nih.

      Alhamdulillah naik si Batik so far baik-baik saja, semoga terus demikian.

      Hapus
  19. Lho, Batik Air sudah bisa terbang ke Singapura ya? Kirain cuma melayani penerbangan domestik aja. Kalau aku sih lebih memilih Batik ya daripada saudaranya itu yang suka telat. Setahuku, Batik Air masih lebih worth itu meski harganya sedikit lebih mahal.

    BalasHapus
  20. Hihii.. Aku pecinta Batik Air.. selalu mudik dgn Batik Air.. On Time & dapat camilan.. ehh.. hehe.. Ada Monitor juga yg sangat membantu utk menghibur si kecil selama perjalanan.. Dan yg terpenting, Batik Air ini MURAH ya mba.. Aku puas..

    BalasHapus
  21. Boleh banget mba informasinya. Aku udah pernah seh ke singapore tapi dengan maskapai lain. Jadi nanti pengen coba ah pakai maskapai batik air.

    BalasHapus
  22. Wah 1,5jt pp. Bisa ga ya 800K pp.. xixixi.. enak ya sepanjang jalan dapat snack. Jadi mau nyoba batik sesekali ah.

    BalasHapus
  23. insyaallah sebentar lagi aku juga mau melakukan perjalanan, masih dalam negri sih. Batik Air bisa dipertimbangkan nih..

    BalasHapus
  24. Semoga bisa konsisten ya pelayan Batik yang sudah baik ini

    BalasHapus
  25. Belum pernah naik Batik Air, kayaknya kudu dicoba nih.
    Btw kalau masih kurang ngeri, kapan-kapan ke Buton aja mba, dari Jakarta ke Makassar ganti pesawat yang pakai baling-baling dan mengudara sekitar 30 menit hahaha

    BalasHapus