12 Tips Buat Kamu yang Pertama Kali Liburan ke Singapura

Liburan ke Singapura apa persiapannya

Kebanyakan orang Indonesia memilih Singapura sebagai destinasi wisata luar negeri pertama yang dikunjungi. Kalau sebagian muslim mungkin akan menjawab KSA ya entah buat umroh atau haji. 

Well, apapun itu saat ini saya mau sekadar sharing aja apa-apa yang perlu diperhatikan buat kamu yang baru pertama kali akan mengunjungi Singapura. Meski dekat tapi SG ini beda, beda banget. Baik dari segi kebersihan, ketertiban, maupun kedisiplinan. Terus, apa saja sih tips-tipsnya?

1. Siapkan dokumen
Berlaku untuk semua negara. Sebelum datang ke negara yang bersangkutan pastikan kita membawa dokumen penting seperti paspor. Jangan lupa cek tanggal expirednya. Kalau sudah masuk 6 bulan akhir masa expired baiknya perpanjang dulu ya. Catatan: WNI nggak perlu visa untuk bisa masuk Singapura.
foto cover paspor indonesia

2. Siapkan SGD secukupnya.
Mata uang yang berlaku di Singapura adalah Singapore Dollar. Baiknya kamu sudah menukarkan sebagian rupiah kamu ke SGD sejak di tanah air. Nggak tau kenapa kalau saya mikirnya kaya ribet aja kalau musti nuker duit di sana. Banyak sih money changer di sana, salah satunya kalau di Kampong Glam ada di dekat Masjid Sultan, di kios paling ujung. 

3. Isi kartu imigrasi/kedatangan.
Biasanya kartu ini bisa didapat saat di ruang tunggu menjelang boarding, di pesawat, atau bisa juga di dekat loket imigrasi. Kadang ada yang mengingatkan untuk mengisi kadang juga nggak, makanya sebelum kena semprot di meja imigrasi lantaran belum ngisi, baiknya inisiatif yaa cari kartu ini. Kalau bingung ngisinya, tenang saya pernah nulis kok cara mengisi kartu Imigrasi Singapura. Nanti sertakan kartu ini bersama paspor di meja imigrasi. Mau mulus melalui imigrasi? Baca 8 tips mulus melalui Imigrasi ya..
Tips melalui imigrasi dengan mulus

4. Ambil peta 
Kalau kamu sebagai backpacker, solo traveler atau traveler tanpa bantuan pemandu atau kawan, baiknya cari rak-rak yang berisi peta Singapura. Banyak informasi yang bisa kita dapatkan di dalamnya, kaya tempat wisata, informasi MRT, dan lainnya. Kalau kamu sudah memiliki teman atau ada bantuan travel yang siap membantu, agaknya part ini bisa diskip aja. 

5. Mau Naik MRT? Ayo ke T2
Kembali untuk yang backpackeran atau tanpa jemputan, kalau mau naik MRT, jalanlah menuju Terminal 2 bandara Changi. Kalau kamu tiba di T3 ataupun T1, kalau begitu naik skytrain yang menghubungkan antar terminal dan pastikan kereta itu menuju T2. Ingin tahu Changi? Saya pernah menuliskan tentang Menjelajahi Bandara Changi

6. Beli kartu EZ link atau Singapore Tourist Pass
Harus nggak? Tergantung. Kalau memang berencana akan banyak naik moda transportasi umum, saran saya beli. Karena ini alat pembayaran yang akan memudahkan wisata kamu selama di Singapura. Mau naik MRT, LRT, bus, mau beli minuman di vending machine ya pakai kartu ini. Belinya di mana? Kamu bisa temukan di stasiun-stasiun MRT bagian ticket office dan di gerai 7-eleven. Harganya 12SGD yang berisi saldo 7SGD. Oya, kartu ini berlaku untuk 5 tahun, jadi baiknya jangan hilang siapa tahu ke Singapura lagi. Kalau STP cocok buat yang cuma mau bentaran doang (1-3 hari) di Singapura. 

7. Siapkan botol minum dan kotak makan
Air minum di Singapura ini terbilang mahal. Jadi saran saya bawa botol kosong untuk mengisi air di tap water. Tempat makan ini berguna kalau-kalau makanmu nggak habis, daripada mubazir secara harga makan di sana juga mayan bingits ya dibungkus aja masukin kotak makan. 

8. Colokan listrik
Apasih nama bagusnya colokan, ehehe... ya begitulah. Kalau kita di Indonesia kebanyakan memakai colokan listrik kaki 2 (etapi waktu ke Batam juga lubangnya 3 sih), kalau di LN termasuk Singapura menggunakan kaki 3. Terus solusinya gimana? Bawalah converter dari kaki 2 ke kaki 3. 

9. Makanan halal
Di Singapura cukup mudah sebetulnya menemui makanan halal. Biasanya banyak terdapat di kawasan Bugis atau Arab Street atau cari saja kedai dengan label "no pork, no lard". Kalau nggak ada tulisannya, tanya aja halal nggak. Kalau mau mencari hotel halal dengan rate yang reasonable mungkin bisa coba Days Hotel at Zhongshan Park
Makanan halal di Singapura Kampong Glam
Kalau di Indonesia ini miriiiip kaya warteg.

10. Outfit yang nyaman
Karena di Singapura biasanya akan banyak berjalan maka baiknya perhatikan outfit kamu. Gunakan baju, sepatu, hingga aksesoris kaya kacamata dan topi yang nyaman. Cuaca Singapura sama aja kaya Indonesia malah kaya terasa lebih panas. 

11. Selalu taati peraturan
Di Singapura ini apa-apa denda dan dendanya itu nggak main-main lho. Waktu itu kami kan pakai travel santai aja makan di mobil, eh tenyata ditegur sama supirnya katanya nggak boleh jugak, aiish ngerepotin banget kan orang niatnya pake travel biar mudah ini itu, apalagi bawa anak, kalau nungguin si kecil selesai makan di tempat makan atuh kapan selesainya. Hhh... #tariknapasdulu. Terus supir itu cerita kalau di sini ya gitu di MRT atau bus kita nggak boleh makan dan minum, ada dendanya. Soal nyebrang juga sama nggak bisa sembarangan termasuk ketika mau naik dan turun dari kendaraan umum misal Taxi. Kalau di sini kan tinggal bilang, "kiri bang!" Kalau di sana nggak bisa begitu. Itulah ya peraturan suatu negara. Di mana bumi dipijak, di situ langit dijunjung. 

12. Sertakan potongan kartu imigrasi
Jadi pada saat kamu akan meninggalkan Singapura, pastikan potongan kartu imigrasi yang kamu dapatkan saat kedatangan itu gak hilang ya. Nti sertakan kembali saat di imigrasi keberangkatan. 

Nah itu sih hal-hal yang perlu kamu perhatikan saat pertama kali liburan ke Singapura. Soal destinasi wisata gratis di Singapura banyak, apalagi sekarang kayanya banyak objek wisata baru yang bisa kamu nikmati. Liburan jadi semakin seru ditambah banyak pilihan penerbangan murah. Eh mau tau saya naik apa ke Singapura dan bagaimana kesannya, baca aja ya pengalaman naik Batik Air ke Singapura.

23 komentar:

  1. Panduannya keren, kebetulan rencana ke singapur dan baru tau kl ga bisa makan di kendaraan jg. Duh ketat bgt sih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba ketat banget. Kaya waktu itu mobil travel kami kan parkir dekat Haji Lane, itu juga gak bisa lama-lama soalnya suka ada sweeping. Haha, duuh kami jadi diburu-buru gt sama drivernya.

      Hapus
  2. Dulu pas ke Singapore, gue juga makannya di Kampung Glam Cafe. Soalnya menginapnya memang cuma 5 menit jalan kaki dari cafe itu, dan memang bukanya sampai malam banget. Harganya lumayan lah, untuk budget backpacker. Nggak perlu beli munum. Minum tinggal bawa dari hotel. Hehehe ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kampong Glam emang udah tersohor banget ya, katanya es teh tariknya enak.

      Hapus
  3. Udah dari jaman kapan berencana mau ke Singapore tapi berhubung belum punya paspor jadi ditunda-tunda mulu. Giliran udah punya paspor, eh hamil... Ditunda lagi deh hahaha. Selain 'kerepotan' dari larangan makan di kendaraan, sebenernya Singapore itu enak gak sih buat dijadiin destinasi wisata bawa anak kecil?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak aja menurut saya mba, soalnya semua serba terintegrasi dan banyak objek wisata untuk anak. Kalau bawa stroller masuk MRT juga enak, gak rame di dalamnya.

      Hapus
  4. Paling sering dulu kelupaan bawa colokan, agak buang duit juga kalau harus beli colokan di luar negeri agak mahal soalnya heheheh.

    BalasHapus
  5. Wah berarti kalau nanti aku ke singapura. Harus buka dulu nih blognya bunda Dwi hihihi. Aduh saya belum pernah ke singapura nih. Soalnya blum menemukan alasannya hihihi. Smga nti ada alasan dan keadaan biat bsa main k sana

    BalasHapus
  6. bener banget semua tipsnya
    khususnya buat bawa botol air kemarin bermanfaat banget
    secara harga air mineral mahal banget
    bahkan sisa air minum saat makan fastfood pun saya bawa hahaha

    BalasHapus
  7. Salah satu cita2 pengen keliling dunia. Tapi keliling indonesia aja ga ada. Boro2 keliling dunia. Hahaha. Semoga suatu hari bisa kesingapore juga ya. Sy tmsk yg jarang banget jalan. Naik pesawat sendirian aj belum pernah. 😂

    BalasHapus
  8. Bermanfaat nih buat aku yang belum pernah ke Singapura. Peraturan disana memang bagus buat masyarakat setempat dan pendatang ya.

    BalasHapus
  9. Wah wah ini lengkap sekali panduannya, di bookmark ah siapa tau bisa main-main ke Singapore. Thanks sharingnya, Mbak.

    BalasHapus
  10. Waduh colokan listrik kaki 3 yah kalau ke Singapura. Ini nih yang belum disiapkan. Keren tipsnya, jadi terinspirasi buat next trip selanjutnya.

    BalasHapus
  11. Noted tipsnya, makasih mba sudah share tipsnya. Siapa tau ada rezeki bisa main ke singapura hehehe. Oh disana byk denda2 ya, berarti negaranya tertib ya. Disini jg kan byk denda tapi yg melanggar gak didenda...

    BalasHapus
  12. aku nih kalau ke Singapore selalu nginep didaerah Bencoolen biar dekat kalau mau kemana-mana, dan suka jalan-jalan di Hajilane. Dekat situ ada Zamzam Resto yang bisa diicip, kalau makan disana pasti ketagihan. Es teh tarik di Kampong Glam memang enak, saya habis 2 gelas hahahahaaa

    BalasHapus
  13. Wah noted banget, khusunya soal bawa colokan, tengkyu tips2nya :D. Btw apakah kalau ke SIN, perlu bawa buku tabungan buat nunjukin kita punya saldo brp jd gk dikira TKW? Hehe. SOalnya katanya imigrasi yang "hanya Tuhan dan dia yang tahu" knp WNI gak boleh masuk itu salah satunya Singapura.

    BalasHapus
  14. Betul banget mba disana mah apa-apa mahal. Tapi aku udah pernah ke singapore urusan kantor dulunya.

    BalasHapus
  15. Ini bermanfaat sekali kak. Aku berencana pengen ngajak keluarga kesana tapi kayaknya mau perpanjang passpor dulu takut kenapa kenapa. Tipsnya saya ikutin nih.

    BalasHapus
  16. Asik ya mbak kl jalan2 ke LN ada yg menjual makanam halal. Suka berasa khawatir aja kl punya rencana mau ke LN, khawatir nggak ada yg menjual makanan halal. Tapi kalupun ada, langka mungkin ya mbak. Tipsnya menarik nih buat dicatat, siapa tau ntar2 jalan ke LN

    BalasHapus
  17. Duuh kangen es potong fenomenalnya hehe. Mostly mirip2 ya sama indo, cuma banyak tapinya, kebersihannya, kedispilinannya dll hehe

    BalasHapus
  18. Kalau ke Malaysia perlu isi kartu kedatangan juga gak sih mbak ? Aku berniat ke singapoSi, tapi kata temenku mending ke Malaysia dulu biar gak kaget. Hahaha. Tfs ya, nanti kalo ke Singapore aku cari lagi artikel ini

    BalasHapus
  19. Tips-tipsnya berguna dan lengkap,terutama buat saya yang mau merencanakan liburan kesana

    BalasHapus
  20. Botol air minum memang wajib! Hehehe tap water my laff. Oiya naik MRT juga gampang dan mudah banget ya kalau mau keliling Singapore on a budget.

    BalasHapus