15 Tempat Wisata Gratis di Singapura


Tempat wisata gratis di Singapura? Ada? Buanyaak! Liburan ke Singapura itu sebetulnya kalau mau dibikin mahal bisa dibikin murah juga bisa. Yang punya budget lebih sih nggak pusing ya, nah buat yang pengen irit ini juga bukan mustahil kok. Beneran? Yap. Saya bicara kalau dari Jakarta ya. Sudah nggak heran deh kalau tiket penerbangan ke Singapura itu sering kali lebih murah daripada penerbangan domestik sediri, misal ke Lombok, Makassar, apalagi Papua. 
Buat tiketnya rajin-rajin aja cek website ataupun travel-online terutama pesawat LCC. Bedanya dengan yang full service lumayan banget lho, etapi kalau pengen full service namun harganya nggak lebay bisa baca pengalaman saya naik Batik Air ke Singapura ya. Penginapan juga sama kok, banyak hostel yang menawarkan harga murah bahkan di pusat kota atau tempat ramai.

Sekarang soal tempat wisatanya. Syukurnya Singapura ini banyak menawarkan objek wisata gratis yang cakep buat foto-foto, apa saja sih tempat wisata gratis di Singapura itu? Check this out!

1. Merlion Park
Patung Merlion

Tempat ini nggak boleh terlewat bahkan oleh wisatawan dari negara manapun. Patung Merlion sendiri merupakan ikon dari Negara Singapura. Jangan bayangkan kaya di foto-foto ya yang suasananya sepi hanya kamu dan Merlion, di siang hingga malam hari tempat ini ramai banget apalagi jamannya liburan sekolah. Kalau mau sepi? Mungkin tengah malam hingga subuh sekalian bisa dapetin Merlion dengan suasana yang antimainstream

2. Marina Bay Sands
Tempat wisata gratis Singapura
Letaknya nggak jauh dari Merlion Park. Marina Bay Sands sendiri merupakan kompleks mall, hotel, dan pusat hiburan. Bagi yang nggak kuat iman mending nggak usah masuk deh yaa… Ahaha… Yang menarik dari MBS ini adalah pertunjukan wonderful light & water spectacularnya setiap jam 20.00 yang berlangsung kurang lebih selama 15 menit.

3. The Helix Bridge
Kalau kita menyusuri Esplanade; gedung yang kata orang mirip durian meski sebenarnya adalah menyerupai mic menuju Marina Bay Sands kita akan melalui sebuah jembatan yang spectacular. #tsyah ... Bentuknya melengkung tidak  seperti jembatan pada umumnya dan akan lebih cantik bila dilihat pada malam hari karena ada lampu yang menanungi jembatan ini.

4. Gardens By The Bay
Supertree groove

Bukannya bayar? Iya kalau kita mau masuk ke dalamnya jelas bayar tapi percaya deh di luarnya aja juga bagus kok, ada danau buatan dan taman bunga kecil cantik bertuliskan Gardens By The Bay. Kalau mau masuk juga saya rasa worth it kita bisa melihat Singapura dari ketinggian di Supertree Grove yaitu pohon buatan besar yang memayungi taman dan menyusuri jembatan skyway, rasakan deh sensasinya!

5. Marina Barrage
Bendungan Marina Barrage
Dari sini tampak Marina Bay Sands juga Singapore Flyer

Bagi saya ini sih bisa dijadikan tempat wisata baru. Meski ini bendungan tapi Marina Barrage bukan bendungan biasa. Kita bisa melihat Marina Bay Sands dari arah sebaliknya. Lokasinya nggak jauh dari Gardens By the Bay jadi baiknya dimasukkan saja ke itinerary yang berbarengan dengan Gardens By the Bay.

6. Boat Quay
Sumber gambar: travelyourselftoday[dot]com

Lokasinya berada di tepi Singapore River. Salah satu lokasi yang menarik adalah Raffless Landing Site, yaitu adanya patung Sir Stamford raffles di tepi sungai yang menjadi simbol bahwa inilah tempat pertama kalinya ia menjejakkan kaki di Singapura.

7. Orchard Road
Sumber gambar: unscrambled[dot]sg

Siapa yang nggak kenal dengan kawasan premium ini? Kalau mendengar Orchard Rd ingatnya tentu belanja-belanja atau paling nggak ya window shopping karena memang di sini adalah pusat perbelanjaan yang terkenal dengan barang-barang branded.

8. Singapore Botanic Gardens
Tempat wisata gratis singapura
Sumber gambar: visitsingapore[dot]com

Berbeda dengan Gardens By The Bay, SBG ini terlihat lebih natural karena memang inilah hutan kota di Singapura. Taman ini luas banget hingga mencapai 70 hektar. Tempat ini gratis bisa dikunjungi mulai dari jam 05.00 hingga 00.00

9. Bugis Street
Kalau di Jakarta ini mungkin seperti mangga dua. Nah bila mau mencari oleh-oleh atau barang-barang dengan harga yang lebih murah dan beragam ya di sini tempatnya. Makanan halal juga gampang ditemui di Bugis street.

10. Kampong Glam dan Arab Street
Arab Street

Kawasan ini merupakan perpaduan antara Melayu dan Timur Tengah, jadi gak heran banyak menu halal. Di sini juga banyak kafe kecil di sepanjang jalan menuju Masjid Sultan. Oiya Masjid Sultannya sendiri juga kerap menjadi objek wisata buat para turis lho, termasuk yang non-muslim karena memang selain arsitekturnya cantik juga memiliki catatan sejarah penting bagi Singapura.

11. Haji Lane

Ciri khasnya Haji Lane ini adalah temboknya yang dilukis dengan berbagai corak warna membentuk karya seni yang menarik. Di sepanjang Haji Lane ini banyak butik dan restoran kecil. Sementara di sisi kiri kanannya itu merupakan bangunan Chinese Shophouses.

12. China-Town
Tampang lelah...

Mayoritas warga sini memang keturunan China sehingga nuansa Chinanya memang dapet banget. Selain di Bugis, China-Town menjadi tempat pilihan untuk mencari oleh-oleh atau souvenir.

13. Little India
Kalau ini merupakan kawasan warga keturunan India. Letaknya nggak jauh dari Orchard Road. Banyak toko yang menjual pernak-pernik serta segala sesuatu yang beraroma India. Kadang ada perayaan budaya juga di sini lho.

14. Henderson Waves Bridge

Sumber gambar: visitsingapore[dot]com

Nah ini terhitung bangunan anyar di Singapura. Berbeda dengan jembatan lainnya, bentuk jembatan Henderson ini bergelombang seperti ombak. Jembatan ini juga merupakan pedestrian bridge tertinggi di Singapura yang membentang di atas Henderson Rd. Nah yang suka jalan kaki kemana-mana, must visit banget ya ke jembatan ini.
15 Pulau Sentosa
Eaaaak udah gak kuyuuu
Pulau Sentosa ini salah satu tempat yang wajib dikunjungi kalau ke Singapura. Memang akan lebih seru kalau kita masuk ke USS atau S.E.A Aquarium, tapi sekedar photostop aja di depan bola dunia ini juga seru kok.
Nah, itulah sebagian tempat (karena sebetulnya masih banyak yang lain) yang bisa kita kunjungi secara cuma-cuma di Singapura. Kamu sudah pernah ke Singapura? Apa yang belum pernah kamu kunjungi dari list di atas? Share juga yuk di kolom komen kalau kamu punya daftar tempat wisata gratis baru di Singapura.

19 komentar:

  1. Bermanfaat nih untuk yang ingin ke Singapura dengan dana yang pas-pasan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyes karena apa2 serba mihil di SG, hihiii...

      Hapus
  2. MasyAllah bunda Dwi. Kalau liat tulisan dan liburannya, bikin mupengggg hahaha. Siap-siap ya kalau nanti aku liburan ke luar negeri. Aku bakal banyak tanya tempat wisata sekalian tipsnya hahah

    BalasHapus
  3. Banyak juga yg saya belum sambangi di Singapura. Mulai no 8, 10, 11, 12, 14...
    Makasih sharingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga itu belum semuanya. Semoga ya ada kesempatan bisa ke sana lagi.

      Hapus
  4. Mba, kalau baru pertama kali ke Sing,ga pakai guide alias jalan sendiri sama anak anak,recomended gak ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anaknya umur berapakah mba? Sebetulnya asyik2 aja krn di sana transportasi umumnya nyaman dan terintegrasi. Jadi asyik

      Hapus
  5. Keren-keren ya, tempatnya. Banyak yang belum saya tahu nih. Semoga saya ada rezeki bisa ke Batam lagi, trus tinggal nyeberang deh ke Singapura :) Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiiin semoga ya mba kemarin saya ke Batam malah gak sempat ke SG.

      Hapus
  6. Belum pernah ke Singapura Mbaak. Tq infonya ya, bisa ditambahin ke wishlist niih. Jadi tau juga ternyata bisa juga irit-iritan di Singapura yak. Hehe.

    BalasHapus
  7. Wah banyaak gratisnya..

    Oh ya beberapa museum, tempat ibadah, taman juga bisa dikunjungi. Gratis juga..

    BalasHapus
  8. Asyik memang menikmati singapura, apalagi bandaranya sekarang juga kereen untuk jalan2..tq infonya

    BalasHapus
  9. Aku tergolong yang belum pernah ke LN beckpackeran. jadi suka takut dan katrok naik bus atau subway hahahaha.. padahal semua tempat ini keren bingit yaa.. semoga next time ada kesempatan utk dolan-dolan seperti ini.. Makasih ya Kopermini!

    BalasHapus
  10. Gak ada yang pernah di list yang disebutin mba dwi arum hehe. Ternyata banyak tempat wisata seru yang gratis ya di Sg. Di Surabaya juga ada loh patung Merlion, di kota Singapura Citraland hehe. Lumayan lah kalo buat liat gambaran patung Merlion hihi :)

    BalasHapus
  11. Saya ke Singapore Botani Garden belum pernah. Boleh tuh dicoba kalo ngetrip kesana lagi. Makasih infonya ya Dwi, beberapa akan saya catat :-)

    BalasHapus
  12. Banyak juga ya wisata yang bisa dijelajahi di Singapura. Tempatnya oke dan keren2 ya

    BalasHapus
  13. Duh, pokoknya pakar traveling dah. Sangat bermanfaat artikelnya. Entah kapan sy bisa ke sana. 😅

    BalasHapus
  14. Sekitar 15-20 tahun silam, saya sering dengar orang bilang kalau ke Singapore mah sehari juga selesai. Negaranya kan kecil. Tapi, kalau sekarang kayaknya gak cukup sehari, deh. Memang negaranya kecil, tetapi banyak tempat wisata yang asik buat dikunjungi. Di Gardens by The Bay aja bisa betah seharian :)

    BalasHapus