8 Tips Berburu Tiket Murah di GATF (Garuda Indonesia Travel Fair)

tiket murah di GATF

Hallooo semuaaaa ...

Sudah punya rencana habiskan tahun ini ke mana? Atau sudah mengincar tahun depan buat liburan selanjutnya? Nah ... nah ... buat kalian yang doyan traveling jangan lewatkan kesempatan berharga yang satu ini ya, berburu tiket di GATF alias Garuda Indonesia Travel Fair. Kopermini juga sudah ikutan GATF phase 1 yang diadakan april lalu dan berhasil mendapatkan tiket ke Malang yang insya Allah berangkat September ini. 

Oiya, memang sebetulnya harga tiket murahnya akan lebih berasa kalau kalian gunakan untuk destinasi internasinal ketimbang domestik. Kaya waktu itu kopermini nemuin tiket ke korea cuma 3 jutaan padahal pas ngecek di salah satu travel-online harganya menyentuh 10juta dengan jadwal yang sama, it means diskonnya nyampe 70%. Berarti memang benar claim Garuda saat itu yang diskonnya bisa mencapai 80%. 

Buat kalian yang sering datang ke GATF pasti tahu banget kan sikon di sana? Perlu tips dan trik supaya bisa dapatkan harga terbaiknya. Yuks simak apa aja yang perlu diperhatikan:

1. Siapkan fisik, mental, spiritual, dan finansial
  • Fisik kalian harus kuat karena yang sudah-sudah itu, setiap acara GATF selalu ramai pake banget, makanya baiknya jangan bawa anak kecil soalnya kasian. 
  • Mental juga begitu, syukuri apa yang ada. Yakin kalau rezeki nggak kemana tapi tanpa mengendurkan ikhtiar ya supaya tawakalnya maksimal.
  • Jangan lupa juga banyak berdoa, karena bagi seorang muslim doa adalah senjata kita,#tsyah. Jangan lupa berdoa semoga diberi kemudahan, kelancaran, dan keberkahan. 
  • Yang paling penting juga siapkan keuangan kalian. Yang phase 1 kemarin sih pembelian tidak harus dengan credit card, bisa juga menggunakan kartu debit.
2. Datang di hari pertama
Biasanya GATF ini cuma berlangsung 3 hari dan diadakan saat weekend,  mulai dari Jumat-Minggu. Ibarat prasmanan nih kalau datang pertama kan masih komplit makanannya, begitu juga GATF ini. Kalau hari pertama pilihan tanggal keberangkatan kita masih banyak available, biasanya kalian pergi juga pas weekend kan? Sementara dalam 1 tahun hanya ada 52 kali weekend itu pun harus dikurangi black-out date alias tanggal-tanggal high-season sedangkan yang berburu tiket ini banyak banget orangnya apalagi buat rute favorit kaya ke Jepang, Korea, Singapura.

3. Datang pagi banget hari
Ini mirip-mirip dengan poin ke-dua. Ini sebetulnya buat yang berburu cashback sih. Apa itu cashback? Nanti saya jelaskan di poin 7. Kalau menurut saya sebaiknya kalian sudah datang sebelum jam happy-hour alias jam di mana Garuda membuka harga tiket terendahnya. 

4. Siapkan tanggal dan tujuan keberangkatan
Pliiis, jangan nanya, "yang promo tanggal berapa, Mba?" atau "yang promo ke mana aja, Mba?" Aseliii, ini makan waktu banget. Baiknya kalian sudah siapkan mau ke mana dan tanggal berapa. Jangan lupa juga siapkan alternatif tujuan dan tanggal keberangkatan dalam rentang waktu 1 tahun ke depan kalau-kalau rute dan tanggal keberangkatan kalian sudah sold-out kelas promonya. Tapi jangan terlalu khawatir, kalau pun kalian dapatkan kelas non-promo, tetap ada diskonnya kok, hanya saja harganya tdak semiring yang kelas promo di jam happy-hour.

5. Siapkan nama dan data diri yang berangkat
Penting banget menyiapkan nama dan data diri para calon penumpang selengkap-lengkapnya. Catat di kertas atau kalian foto dan simpan di folder yang mudah dibuka. Apa saja yang diperlukan? Untuk tujuan internasional, catat semua data yang ada di halaman depan paspor. Mulai dari nama lengkap sesuai paspor, nomor paspor, tanggal lahir, tanggal expired, pokoknya catat aja semua yang ada di halaman depan itu.

6. Booking saat happy-hour
Nah, kalau kalian datang ke GATF jangan khawatir nggak dapat diskon. Semua pasti kebagian, cuma bedanya di besaran diskonnya. Kalau di luar happy-hour mungkin nggak gitu berasa tapi pas happy hour ini yang diskonnya besar-besaran. Kapan sih happy-hour? Biasanya sehari ada dua kali, pagi dan sore. Pagi kisaran jam 10.00-13.00, sore mulai dari jam 16.00-18.00. Jam happy-hour ini mungkin berubah-ubah, jadi pastikan lagi detailnya kalau mau ke sini ya.

7. Dapatkan cahsback-nya makin besar diskonnya
Biasanya Garuda selama program GATF menggandeng suatu bank sebagai partner dalam event-nya. Kaya yang GATF 2018 tahap 1 kemarin mereka menggandeng bank mandiri. Keuntungan buat nasabah mandiri masuknya gratis dan mereka berkesempatan mendapatkan gelang cashback yang nanti bisa dicairkan dan masuk ke dalam rekening kalian #CMIIW soalnya saya nggak kebagian *biggrin. 

Persediaan gelang cashback juga nggak banyak, ada kuotanya. Besaran nominal cashbacknya  juga tergantung dari antrean redeem cashback nantinya. Jadi semakin cepat proses booking-bayar tiket kalian, semakin cepat antre tukarkan gelang cashback, semakin besar diskon yang bisa kalian dapatkan. Dan kebijakan ini bisa saja berbeda tiap periodenya ya. 

Yang perlu diperhatikan juga soal gelang cashback ini, jangan lupa untuk membawa ktp/sim/paspor asli beserta kartu debit/kredit kalian yang bekerjasama dengan GATF saat itu. Misal bank Mandiri yah kalian bawa kartu debit/kredit mandiri kalian.

8. Nggak suka ngantre tapi pengen dapat harga happy-hour? Bisa!
Oiya, sekadar sharing saja, suami saya saat itu datang di hari Jumat pagi sekitar pukul 07.30, jangan ditanya soal gelang cashback-nya ya, soalya sudah ludes 10 menit ketika loket dibuka. Suami saya sempat bertanya dengan salah satu petugas di sana katanya banyak yang rela antre sejak tengah malam. Wew! #langsungpulang haha... Iyalah, soalnya nunggu happy-hour juga masih lama. Jadilah pulang saja ke rumah dan mencoba menggunakan portal sendiri. #namanyajugaorangtravel *biggrin. Jadi saat phase 1 kemarin calon pax sebetulnya bisa pesan di seluruh travel-agent (tidak termasuk travel-online ya) yang bekerjasama dengan GATF dan tidak harus datang langsung ke JCC hanya saja tidak bisa ikut program cashback. 

Nah, begitu jam 10.00 wib teng kami coba cek-cek tiket sesuai destinasi dan harganya WOW bener bikin happy. Kami booking dulu untuk rute Malang selanjutnya cek-cek rute internasional, heuheuu bikin tambah ngiler. Bawaannya pengen booking, cuma langsung ngaca awal tahun udah ke mana aja, hihi...

Soal happy-hour juga baiknya ikut yang pagi hari biar masih banyak pilihan destinasi dan tanggal keberangkatannya. 

Nah, saya rasa itu saja sharing seputar perburuan tiket pesawat di GATF. Maklum soal transportasi saat liburan apalagi pesawat biasanya memakan budget terbesar dari seluruh pengeluaran liburan. Makanya harus pandai-pandai cari pesawat yang murah meriah rasa wah kaya Garuda ini. 

Kamu tertarik ikut berburu di GATF, nantikan GATF 2018 phase 2 yang insya Allah hadir di JCC tanggal 5-7 Oktober 2018.

23 komentar:

  1. Busyeeeet ... salut sama yang antre dari tengah malam. Sayang gak ada online

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mbaaak kalau saya sama suami sih mending tidur aja, hehee... Oiya sebetulnya yang online juga ada kok namanya GOTF, waktunya beda lagi. Cuma kalau saya prefer yang GATF lebih riil aja kayanya.

      Hapus
  2. Makasi mbak๐Ÿ˜๐Ÿ˜ informasinya luar biasa bermanfaat banget langsung saya bookmark, ada keinginn tapi masih maju mundur soalnya anak masih usia 2 tahun dan 4 tahun, sebenarnya aman ga sih ajak anak umur segitu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebetulnya di dalam JCCnya juga ada area bermain anak, cuma kalau saya sih prefer nggak usah ngajak anak. Soalnya tujuan ke sana jelas mau nyari tiket, kalau main2 mending ke mall atau taman yang suasananya lebih kondusif.

      Hapus
  3. Temen² di Jakarta sering tuh dapet diskon dari GATF. Di Bandung kadang ada di Trans Studio Mall kalo ada GATF. Tapi saya blm pernah nyoba dateng...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sesekali cobain Bun sensasinya, hihiii...

      Hapus
  4. Kudu pake niat sekuat baja jika akan mengantri yaa...salut! Terima kasih infonya mbak. Jadi tahu kalau ingin berburu GATF

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haru sedia stok sabar dan ikhlas yang banyak ya mba,

      Hapus
  5. mauuuu, tapi saya gak punya nyali mau kesana, jiper duluan sama antriannya wkwk. Anaknya lemah maunya yang simpel-simpel aja terus murah wkwk *gak mau usaha :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah sesuai sama poin ke-8 kalo gitu. Saya juga tipe ini mba males ngantri. Hihi... Alhamdulillah punya portal sendiri.

      Hapus
  6. Wuihhh....tengah malam bela-belain antri buat dapat gelang cashback. Hehe...mantap yaa niatnya. Kalau tahu jadwal happy hour kyknya lebih enak ya mb? Ahhh gk rasa tiket Garuda dari GATF mau dipake ya...ditunggu di Malang mb Arum...๐Ÿ˜˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah semoga lancar, sehat semuanya. Meet up yuk mba sama mak Eni jugaaak

      Hapus
  7. Menunggu nanti di JCC tanggal 5-7 Oktober 2018 mau ikut berburu GATF 2018

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wuiihh asyik seruuu... Good luck ya mba

      Hapus
  8. Infonya keren ini. Yang penting ada dana sama jelas tujuannya ke mana๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
    Balasan
    1. 3B. Betul ... Betul ... Betul ... hihiii

      Hapus
  9. Wih saya kejauhan Mak ke JCC, ok lah saya pakai online saja ah.
    Terima kasih tipsnya Mbak, sangat menginspirasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Bunda. Yang online juga butuh perjuangan, semangatttt

      Hapus
  10. Makasih infonya mba, nah kan saya jadi udah tahu. semoga suatu saat nanti ada rizkinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin... Semoga dimudahkan ya mba.

      Hapus
  11. Wow... Saya penasaran ama GATF dan baca postingan ini makin ngiler. Wkwk... Klo di Malang harus meet up lho ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah. Doakan lancar, sehat, selamat semuanya ya maak. Meet up an juga yuk sama mak Erni.

      Hapus
  12. Aaaakkk, nungguin nyang di Batam mudah2an dapet info, atau bisa cek dimanose mam?

    BalasHapus