Menginap di Kertanegara Malang; Premiun Guest House in Town

Guest house nyaman di Malang

Setelah dua hari kami menginap di Batu, jalan-jalan menikmati Museum Angkut, panorama Bromo, hingga sejuknya udara Coban Rondo, kini hari ketiga kami berpindah ke Malang. Selain agar lebih dekat dengan bandara, kami juga ingin menikmati wisata kuliner dan atmosfer kota Malang sesungguhnya.

Sekitar pukul 5 sore kami tiba di sebuah penginapan bernama Kertanegara. Tidak seperti biasanya kali ini kami memilih guest house sebagai pilihan tempat menginap. Selain lebih hemat pertimbangan lainnya adalah karena akan jadi tempat sekadar tidur saja. Dan mengapa juga harus di Kertanegara? Hmm ... sebab saya lihat sekilas review dan kamarnya oke banget karena ada family room yang muat hingga 4 orang.

Lalu, benarkah aslinya seciamik ulasan dan foto-foto kamarnya yang ada? Yuks, dengarkan cerita saya berikut...

Kesan pertama saya melihat penginapan ini tuh homy banget. Saat pertama kali tiba saya lihat banyak pepohonan besar di pinggir jalan. Apalagi waktu itu habis hujan jadi aromanya tuh mantul (baca: mantap betul) deh. Parkirannnya sih tidak begitu luas, mungkin muat untuk 5-6 mobil saja. Parkirannya terletak di halaman depan, tak ada basement, pagar maupun pembatas berupa taman seperti penginapan pada umumnya namun ada pos satpam.

Setelah dari parkiran kami mulai masuk ke lobby. Dominan warna coklat dan kremnya memberi efek nyaman di mata. Beberapa furnitur kayu yang ada di lobby memperkuat kesan lokalnya sesuai dengan namanya yang jawa banget, tapi di luar itu semua, tetap kaya akan sentuhan modernnya. Lobbynya nyaman sebagai ruang tunggu maupun ruang bertemu teman atau klien karena bersih dan suasananya tenang. Staf front office-nya juga ramah dan proses cek-in lancar tanpa kendala.
Guest House dekat Ijen Boulevard
Lagi cek-in ceritanya.
pengalaman menginap di Kertanegara
Matur nuwun mba Erny jamuannya.
Kami mendapat kamar di lantai 2 dari 3 lantai. Bisa naik lift maupun tangga. Kami pesan kamar tipe standard dan family room. Untuk ukuran sebuah guest house tempat ini sangat di atas rata-rata, pantas saja kalau menamai dirinya premium guest house. Desainnya tidak kalah dengan sebuah hotel (budget). Kamar standard ini cukup luas dan komplit dari segi kelengkapan, ada amenities, kran air hangat, serta mini bar (teh, kopi, gula, dan kettlenya). Kasurnya empuk, nyaman dengan selimut linennya yang bersih.
Kamar standard Kertanegara
Ini ruangan untuk standard-room.
Sementara di kamar orang tua kami, tipe family-room jelas lebih luas. Ada dua kasur ukuran queen yang mana setiap kasurnya bisa muat untuk dua orang. Jadi kapsitas family-room ini bisa muat untuk 4 orang dewasa dan 2 anak kecil yang tidurnya masih sekasur sama orangtuaya. Oiya, Saking luasnya jadi sangat nyaman untuk solat. So kalau bicara soal kamar, jelas kenyamanannya untuk penginapan di kelasnya.
Family room di Kertanegara
Ini ruangan untuk family-room.

Rate permalam perkamar untuk yang standar sekitar 450 ribu, sementara yang family-room 750 ribu. Semuanya sudah termasuk sarapan. Kalau family-room dapat jatah untuk 4 orang sementara yang standar seperti biasa untuk 2 orang. Oiya di sore hari juga disedikan snack dan teh di ruang makan, tempat yang sama untuk sarapan. Menu sarapannya dari segi rasa enak, kalau dari variasi standar sih. Ada ayam kecap, tumis buncis wortel, dan tahu goreng. Disediakan juga roti tawar lengkap dengan selai dan toasternya. Ada potongan buah segar juga seperti: pepaya, semangka, dan melon. Sementara untuk minumnya tersedia air putih, teh, dan air jeruk. Oya bila ingin telur bisa minta ke stafnya nanti dibuatkan di ruang sebelah tempat makan ini. Saya baru tahu bila sebuah penginapan tidak menyediakan egg-corner kita sebetulnya bisa pesan ke staf terkait.
dapat sarapan di Kertanegara
Rasanya sih lumayan enak.
Ulasan menginap di Kertanegara Malang
Nah, ruangan sebelah kiri ini semacam dapur mini, bisa pesan minuman juga.

Dekat dengan ruang makan ada sebuah taman kecil cantik untuk berfoto-foto di sana. Sebagai tempat menginap dengan segmen semi-backpacker atau liburan keluarga hemat atau sekadar menjadi tempat menginap, Kertanegara ini sangat layak diperhitungkan.
Penginapan murah tapi bagus di Malang
Hyaah, narsis dulu ya om-tante
Lokasinya yang dekat Ijen Boulevard sangat mudah diakses dari manapun. Area di sekitarnya juga banyak kafe untuk tempat meet-up bersama teman. Berselang satu gang/jalan di samping kanan hotel ada pusat oleh-oleh Malang Strudel. Oiya untuk daerah Ijen ini katanya kalau hari minggu ada CFD, sehingga jalanan di depan hotel ramai dengan orang jualan. Waktu itu kami menginap saat hari rabu sih, jadi terlihat sangat lengang. Daerah Ijen ini juga buat saya pribadi enak dipandang mata, karena selain bersih dan teratur juga banyak rumah mewah bahkan beberapa ada yang mempertahankan rupa asli zaman kolonial.
Dekat Ijen Boulevard
Aaah, jadi baper pengen ke sini lagi.
Dekat pusat oleh-oleh Malang Strudel
Ini deket banget sama Kertanegara, cukup walking distance. Pilihan oleh-olehnya juga beragam nggak Strudel tok!
Aaah, meski tak ada fasilitas fitness center, kita tetap bisa mengolah tubuh dengan menghirup udara pagi dan berjalan santai atau berjogging di sepanjang Ijen Boulevard yang nyaman.
See you on our next travel stories

26 komentar:

1. Cakep tempatnya. Hommy, bersih, lega, cocok busy nginep sama keluarga. Recommended ini mah

Balasan
    1. Iyah mba keluarga besar pas banget pilih tempat nginep kaya begini, nyaman dan terjangkau.

Hapus
  2. Waah...kami sering ke Malang naik KA. Patut dicoba nih Hotelnya. Apalagi dekat tempat oleh² dan untuk jalan kaki di Malang OK benget. Trotoirnya lebar...

Balasan
    1. Ya Bun, trotoarnya lebar, jadi bisa jalan bergandengan berdua. Eciyeehh...

Hapus
  3. Wah pas ini kalau kami ambil family room. Karena kami berempat dah enggak mungkin lagi sekarmar. Jadi kalau adanya kamar standar ya musti ambil dua kamar, akhirnya misah enggak bisa kruntelan. Kalau gini kan bisa sekamar berempat ..Noted: Kertanegara Malang!

Balasan
    1. Whuaa iyah kalo anak sudah pada besar, penginapan ini jadi pertimbangan banget ya nyari yang two bedroom atau family room kaya gini.

4. Wah, lengkap ya fasilitas ya, recommend Kalo ke Malang, nginep di Sana.😍

Balasan
    1. Fasilitas sih tidak selengkap hotel berbintang tapi cukup nyaman karena kamarnya luas, jadi cocok untuk keluarga besar.

Hapus
  5. Family room ya, luas ya mbak, cocok nih buat keluarga saya. makasih ulasannyambak, ohya.. fotonya bagus bagus, suka lihatnya

Balasan
    1. Terima kasih Bun. Iya family room ini jadi pilihan banget buat keluarga besar.

Hapus
  6. Penginapannya bagus mbaak, aku demen deh suasana asri yg masih ijo-ijo gitu. Tq reviewnya mbak, aku save ni. So kapan2 butuh udah punya referensi deh. Ditunggu cerita traveling berikutnya ya mbaaak.

Balasan
    1. Insya Allah siaaap, terima kasih mba Mei sudah mampir.

Hapus
  7. Waah...saya seneng klo baca artikel ttg hotel sayangnya saya belum tergerak untuk mereviuw setiap hotel yg saya singgahi.

Tapi dari semua hotel yg pernah menginap, pertama hotel di jepang yg paling mengesankan. Kamar hotelnya kecil tapi fasilotas kamarnya bagus, untuk perlengkapan mandi, botolnya beruluran besar2 (500ml) & begitu juga body lotionnya.

Ga bawa baju tidur, disiapkan piyama seperti kemeja tp panjang sampai lewat lutut.

Yg kedua hotel venition di Macau, kamarnya seperti kamar seorang princes & sangat luas. Kamar mandinya kereeen...klo yg lainnya standarlah.

Balasan
    1. Whuaa ayo Bun diulas, saya butuh banget lho info2 penginapan, habis suka bingung kalau pergi ke suatu daerah, hotel yang recomen itu yang mana. Apalagi pengalaman Bunda sebagai orang airlines pasti banyak banget nih referensinya.

Hapus
  8. Homy banget ya nampaknya mba. Bisa jadi referensi kalo pas ke Malang.

Balasan
    1. Terutama kalau bawa banyak pasukan mbok...

Hapus
  9. Setiap buka blog bunda dwi aku sekarang jadi suka bertanya-tanya "kali ini Bunda Dwi jalan-jalan kemana lagi,ya?" Hahaha. Dan aku salut ama staminanya soalnya aku tipe yang gampang bgt capek sekarang bun. Jalan dikit aja keluar asmanya udah kmbuh hiks

Balasan
    1. Huwaaah jadi geer nih... Ini juga sebetulnya banyak yg diskip Bun, nanti lihat ya postingan ttg itinerary.

Hapus
  10. Koper mini selalu bikin cerita seru, bikin mupeng deh review nya selalu bikin bahagia. Bahagia karena berasa ikut jalan-jalan.makasih kopermini cerita serunya😍😘😘

Balasan
    1. Sama-sama dan kembali kasih mba Ummu...

Hapus
  11. Kamar hotelnya bagus banget Bun apalagi untuk harga yang terjangkau. Kamar hotelnya seperti di hotel berbintang 5.
    Infonya menarik bun bisa buat referensi kalo saya dan keluarga jalan ke kota malang

Balasan
    1. Iya untuk sekelas guest house ini sudah layaknya hotel berbintang apalagi lokasinya juga strategis.

Hapus
  12. Aku suka deh sama nuansa kamarnya. Apalagi ada family room. Suka bingung kan kalau liburan bawa orangtua dan keponakan.

Balasan
    1. Betul mba, biasanya keluarga besar pada pilih 2 kamar, kalau ini jadi hemat.

Hapus
  13. Apakah dekat wilayah kos2an Unibraw?

Balasan
    1. Sekitar 2 km mba, gak begitu jauh. Kalau naik motor bisa 5 menit, kalau jalan kaki yah lumayan banget.