The Singhasari Resort Batu; Hotel Mewah nan Bersahaja

Saya percaya kalau ada yang bilang "everything happens for a reason". Sebetulnya kami merencanakan liburan ke Malang sudah sejak beberapa tahun yang lalu. Namun entah niat yang belum terlalu kuat atau memang secara keadaan belum memungkinkan, jadilah rencana liburan ke Malang itu mengendap di dalam bucket list kami hingga beberapa tahun.

Sampai suatu ketika di bulan April 2018, waktu itu ada GATF, beragam destinasi luar pun kami incar. Siapa sih yang nggak ngiler lihat tiket ke Korea pergi-pulang cuma 3jutaan? Tapiiii, mengingat satu dan lain hal salah satunya visa, jadilah kami urungkan niat tersebut. Karena merasa sayang kalau nggak ambil kesempatan di GATF jadilah kami pilih destinasi domestik, yaitu Malang.

Jeda dari tiket ter-issued sampai berangkat itu sekitar 5 bulan. Cukup lama sih, tapi tetap saja urusan hotel galaunya nggak kelar-kelar. Sampai H-5 kalau nggak salah sudah mengerucut dan keluarlah dua nama yaitu Golden Tulip Holland Resort Batu (hotel anyar) dan The Singhasari Resort Batu. Baca review sana-sini, pertimbangan orang tua, lokasi, serta fasilitas, akhirnya kami memilih The Singhasari Resort. Kalau saya pengen merasakan dua-duanya sih, tapi kasihan yang lain dan pasti ribet urusan cek-in/outnya.

Sampai akhirnya, penghujung September lalu kami tiba di Bandara Abdul Rahman Saleh, Malang sekitar jam 10an pagi. Bandara Malang ini tidak terlalu besar tapi kata suami yang beberapa tahun lalu pernah ke sini sudah sangat banyak kemajuannya. Ada photobooth bertuliskan Iđź’—Malang sebelum pintu keluar. Sepuluh menit kemudian supir kami tiba di terminal kedatangan. Agak telat dari jadwal sih karena katanya sedang ada bersih desa alias karnaval. Awalnya saya antusias, whuaa bisa sekalian lihat karnaval nih, tak tahunya, hihi...
Abdul Rahman Saleh
Touchdown; Foto dulu yes
Kami datang hari minggu, suasana kota cukup ramai, sesekali juga arus lalu lintas tersendat karena antre lampu merah daaaan ada bersih desa alias karnaval. "Ooh seperti ini toh" gumam saya. Tidak sempat terfoto karena saat melintasi, kendaraan kami sudah di ekor barisan, sementara mereka berbelok masuk ke jalan yang lebih kecil.

Ternyata karnavalnya nggak cuma di sana, tapi ada juga di perempatan menuju Batu menggunakan jalan protokol, akhirnya kami dialihkan ke jalan alternatif yang cuma satu-satunya dan bisa dibayangkan seperti apa macetnya. Huwaah lihat jam sudah menunjukkan pukul 12 siang, pantes perut kok sudah berasa laper. Ya sudahlah kalau begitu mesti makan dulu ini baru cek-in. Makan siang kami di RM Mbok Sri letaknya tidak jauh dari The Singhasari Resort.

Sekitar pukul 1 siang kami menuju hotel. Tidak ada kesan "menonjol" dari luar (baca: jalanan) tampilannya sangat sederhana. Namun siapa sangka selepas melewati pemeriksaan kendaraan oleh mba-mba satpam yang sangat ramah kami melihat area parkir dan halaman yang sangat luas. Tampak juga bundaran kolam air mancur dengan serangkaian huruf kapital bertuliskan TSR yang cukup besar.

Mobil yang kami tumpangi tiba di depan lobby, seorang staff membuka pintu mobil kami dengan senyum mengembang mengisyaratkan keramahan. Staf lain yang melihat kerepotan kami juga sigap membantu merapikan koper dan barang bawaan kami lainnya. Yang saya suka dari lobby ini ruang terbukanya sangat luas, sehingga tidak butuh pencahayaan lebih di siang hari.

Sementara suami cek-in, saya dan anggota keluarga yang lain duduk-duduk santai di lobby. Segelas minuman jahe dingin serta handuk hangat mendarat di meja kami, kombinasi yang pas untuk melepas penat kami setelah lama bermacetan siang itu. Proses cek-in tak ada kendala, stafnya sangat ramah dan helpful bahkan permintaan kami untuk rice box sebagai bekal ke Bromo keesokan paginya langsung di follow-up.
Lobbynya luas banget dan TSR tahu karena Batu sejuk jadi dibuat terbuka selebar-lebarnya, tanpa daun pintu apalagi AC.
Pemandangan di belakang bangku yang sebelah kiri ini adalah Gunung yang sangat cantik
Sampailah kami di kamar yang masih satu lantai dengan lobby, pertimbangannya meminimalisir naik turun tangga karena kan bawa orang tua dan anak kecil, meski begitu tidak berisik kok. Kami memesan 2 kamar tipe deluxe, yang satu double-bed ukuran king size, satunya lagi twin-share dengan satu bed tambahan.
Hotel bagus di Batu
Waktu pertama tiba tidak ada boneka handuk itu. Ini foto diambil saat hari ke-2 selepas balik dari Bromo.
Ambiance-nya njawa banget, motif kain pada background lampu maupun hiasan selimut, sarung bantal dan lemari kayu misalnya kental akan kesan klasik dan semua ini tetap dibalut dengan modernitas yang bernama tekonolgi. Ada free wifi serta akses internet yang sangat cepat. Meski tidak ada bath-tub tapi sebagaimana hotel berbintang lainnya, tersedia water heater yang berfungsi dengan baik, amenities pun tersedia cukup lengkap, hanya saja saya merasa masih kurang dari segi keharuman baik sabun maupun shampoonya dan handuknya juga terlihat sudah lama.

Warna kamar tidur yang dominan coklat dan krem ini menambah efek relaksasi. Kasurnya sangat nyaman dilengkapi linen putih yang bersih. Kamar kami tidak ada akses baik ke taman maupun kolam renang, pemandangannya ya taman dan lukisan alam, hmm... asyiknya itu jadi lebih private dan romantis, hahaa... Harga kamar ini sekitar 1.3jutaan/malam. Namun waktu itu karena kami pesan langsung untuk 2 malam jadi dapat diskon sehingga harganya sekitar 900ribu/malamnya. Alhamdulillah ...
menginap di the singhasari resort
Entah menatap apa, tapi dia senang banget di sini. Hawanya juga sejuk sih.

Hari pertama kami melewatkan sarapan di hotel. Kami dibekalkan menu Indonesia nasi kotak yang isinya nasi goreng, telur rebus, ayam goreng, sate lilit, jeruk, dan kerupuk. Sementara menu western-nya berisi 1 lembar roti gandum dan 1 lembar roti biasa, butter, telur rebus, selai, susu, dan aneka pastry. Pastrynya ini enak-enak apalagi pakai butter jadi menguatkan rasa. Oiya ini satu orang pilih ya, mau menu Indonesian atau western

Hari selanjutnya baru kami sarapan di hotel. Letaknya satu lantai di bawah lobby. Menunya sangat beragam, dari luar sudah tersedia aneka roti, sushi, jamu-jamuan, soto madura, sandwich, aneka bubur, pecel, waffle dan pancake, aneka buah dan jus segar, egg-corner dan tentunya makanan berat. Kalau saya sih seperti biasa mengawali dengan buah, lalu beberapa menit kemudian lanjut sandwich, omelet, dan terakhir soto madura dengan nasi. Semuanya enak dan soto maduranya enaaaaak banget.
Ronde1: Buah dulu, cukup segini aja karena kan niat makan yang lain juga.
Ronde2: Waw porsinya lumayan, makan 1 slice aja sudah kenyang. Ya sudah yang satunya disimpan.
Ronde3: Rahasiaaaa, ahaha... Pokoknya ronde 3 harus nasi biar anteng. #AkuCintaIndonesia
Nah yang nggak boleh terlewat adalah kolam renang, sayangnya sore hari saat kami mau berenang, kolamnya agak kotor. Bukan kotor karena kotoran yang menjijikkan sih tapi kotornya karena serbuk-serbuk bunga yang tertiup angin. Siang menjelang sore waktu itu, memang anginnya cukup kencang dan pasca hujan juga kalau tidak salah. Para petugas di kolam renang juga sudah berusaha menyaring namun namanya tempat terbuka dan banyak bunga tentu sulit dihindari. Akhirnya si anak, suami saya dan adiknya memilih berendam di Jacuzzi, airnya lebih hangat dan ada efek gelembung-gelembungnya jadi ada sensasi kaya dipijat-pijat gitu. Kemudian kami mengecek lagi kolam biasa, ternyata airnya dingin banget, terus jacuzzi kami dipakai keluarga lain, jadilah udahan aja berenangnya, hahaha... Aseliiik belum puas banget si anak, hihii...
Serbuk-serbuk dari bunga-bunga itulah yang menghiasi kolam renangnya.

Fasilitas lain untuk yang sifatnya rekreasi itu ada, movie theater, kids club and children playground, dan game center. Sementara untuk yang sifatnya olahraga itu ada kolam renang, tennis court, gym and fitness center, billyard, dan mini golf. Dan kalau mau supaya tambah rileks ada juga fasilitas spa.
Nggak usah ditanya si anak senengnya kaya gimana :D
Satu hal yang menurut saya hotel ini patut jadi pilihan adalah lokasinya yang sangat strategis, dekat dengan aneka tempat wisata, seperti Jatim Park3 dan BNS (Batu Night Spectacular). Mau ke Museum Angkut juga tidak terlalu jauh sekitar 15 menit dengan kendaraan roda empat bila arus lalu lintas lancar, sementara kalau ke Coban Rondo masih sekitar 20-30 menitan lagi. Dalam hal mencari makanan juga tidak sulit, keluar hotel, nengok kanan sedikit sudah terlihat warung Mbok Sri, tempat makan keluarga yang enak dan murah meriah. Mencari oleh-oleh juga nggak susah, di samping RM Mbok Sri juga ada hanya saja harganya lumayan, ada lagi yang lebih komplit dan besar tempatnya, namanya Brawijaya Istana Oleh-Oleh, sekitar 10 menit dengan kendaraan juga sudah tiba di alun-alun Batu.

Sayangnya padatnya kegiatan kami mengeksplor Malang Raya, membuat kami belum cukup puas merasakan kenyamanan yang hqq... #lebay Aah, selalu ingin kembali ke The Singhasari Resort, dan semoga segera bisa ke sini lagi. So far, inilah penginapan dengan staff terramah yang pernah saya jumpai.

See you on our next travel stories :)

18 komentar:

1. Ini jadi kebanggan kita bisa dapat hotel mewah bersahaja dan memberikan diskon gede. Makin betah ,makan sedikit kenyang

BalasHapus
  2. huah ada fasilitas movie theater, kids club and children playground, dan game center enak nih buat anak2 jadi pengen ke Malang nginepnya disini

3. Wuiih.. Kebetulan lagi pingin liburan ke batu nih, catatan penting jadi bookmark.. Terimakasih..

4. Bagus bgt mba hotelnya.. Mewah dan suasananya asri banget.. Bakal jafi short escape yang keren kalo bermalam disini .. Tp kurang cocok untuk yanh backpackeran ya mba hehehe

5. Hotel ini impian kami juga, keren sih, meski harganya uwow wkwkwkwk

Tapi sepadan sih dengan harganya, semoga bisa menginap di sini, someday, aamiin :)

6. The Singhasari ini resort yg pernah dipake nginep sm Pak SBY dulu kayaknya. Aq sejak dulu pengen juga nginep di sini, tp belum pernah kesampaian wkwkwk...

BalasHapus
  7. wah modern dan mewah ya, wah permainan anaknay juga bagus bikin anak betah ya

8. Walaupun harganya lumayan mehong tapi gpp ya mbak secara fasilitasnya lengkap terus ramah anak pula, jadi worth it lah dengan harga yang diberikan oleh hotel singasarinya.

9. Cantik bgt hotelnya. Wajar sih soalnya mayan mahal eim semalemnya. Hihi. Ke bromo pake private tour?

BalasHapus
  10. Jiah lengkap ini..apalagi tempat oke, suasana yang adem dan staf ramah, jadi penasaran coba juga nginep di sana kalau pas ke Malang nanti. Selama ini seringnya pulang pergi Kediri, jadi capeeek dan eksplor enggak bisa banyak. lah malah tjurhat kwkwkw

11. Klo hotel mewah terus pelayanannya ik bikin kita balik lagi y mba buat stay.. pasti bakalan kita recomend k yg lainny next mau k hotel ini jk k Malang

12. Malang emang punya musim karnaval gitu, kalau ada peringatan tertentu semua kampung kompak ngadain karnaval sendiri. Bikin macet di mana-mana :D

Dulu Singhasari lokasinya termasuk pinggiran banget dibanding hotel lain di Batu, eh ternyata setelah itu dibuka Jatim Park 3. Kayak udah diprediksi, hehe

BalasHapus
  13. Aku baru tahu kalo di Malang ada bandara nih. Kudet banget ya aku. Btw, hotelnya keren ya. Pengen deh liburan ke Malang.

14. Wah kalau ke Batu bisa nih dj referensi tempat menginap. Luas banget kyknya ya baik indoor dan outdoornya. Lengkap pula fasilitasnya :D

15. Mbaaaaa, aku tuh udh lama ngincer ni hoteeeel :D. Tapi kamar yg aku mau, kamar yg connecting ama poolnya. Jd buka pintu balkon, lgs pool di depan. Aku wkt itu tau krn iseng buka traveloka dan liat hotel ini. Anak2 mah bisa girang bukan main kalo kamarnya connect lgs ke kolam :p. Malam2 berenang juga jgn2 hahahaha. Semoga jd nih ke malang tahun depab dan nginep di Singhasari :)

BalasHapus
  16. Bun aku itu ya setiap baca postingan bunda. Suka mupeng dan berdoa dalam hati "ya Allah semoga berkesempatan jalan-jalan ke sana" hahahah. Aaaminnn. Aku suka baca postinga bunda soalnya detail dan memang informasinya dibutuhkan banget bagi yang pengen jalan-jalan

17. suasananya tenang banget ya kayanya, view nya juga cakep. boleh nih kalo jalan-jalan ke Malang.

18. Fasilitas hotelnya lengkap, jadi betah berlama-lama disana. Anak-anak juga pasti betah meski seharian di hotel aja.