Itinerary Lengkap Wisata Batu-Malang 4 Hari 3 Malam


Sejujurnya buat kalian yang memang punya banyak waktu untuk liburan dan memutuskan untuk pergi ke Malang Raya, percayalah liburan 4D3N ke sana itu sangat amat kuuuurang, apalagi sama anak kecil. Yap, inilah yang kami rasakan, semangat menggebu apa daya fisik juga harus diperhatikan haknya.

Nanti saya paparkan juga itinerary awal yang lumayan padat tetapi sangat memungkinkan bila ingin dijalani, kalau saya karena melihat kondiai anak dan orang tua jadi lebih santai saja dan melepaskan beberapa destinasi demi kenyamanan bersama. 

Day 1 (CGK-MLG, Museum Angkut)
Sebagai informasi saja, kami sudah memesan tiket pesawat return sejak jauh hari di GATF. Pesawat Garuda ini untuk rute Malang dari Jakarta hanya ada dua flight yaitu jam 08.20 dan 10.40. Kami memilih flight pertama dan tiba di Malang sekitar pukul 10.05. 

Hari pertama ini itinerary kami sebetulnya padat. Begitu tiba ada jadwal ke Jatim Park3 dan sorenya ke Museum Angkut. Namun karena saat itu lalu lintas padat karena sedang ada karnaval dan kami baru tiba di sekitar penginapan pukul 12.30an kami memilih makan siang dulu di warung Mbok Sri. Setelah itu cek-in hotel di The Singhasari Resort sekitar jam 13.30an.
Warung Mbok Sri di Batu
Makan siang dulu...
Lelah? Pastinya ... So, rencana ke Jatim Park kami pending dulu, demi menyiapkan stamina untuk eksplorasi museum Angkut di sore hari. Biaya masuk museum Angkut saat akhir pekan lebih tinggi dari hari biasa. Hiks, padahal udah milih liburan dari minggu sampai rabu, lupa ke Museum Angkutnya malah hari minggu. Hihi, tapi nggak apa-apa tetep seru kok. Berapa harganya? kalau tidak salah IDR 100.000/pax, anak dengan tinggi di atas 85 cm dikenakan tarif yang sama.

Malam harinya kami makan di Warung Wareg, menunya mirip-mirip dengan Mbok Sri, aneka ikan, udang, cumi, rawon, nasi goreng, dan sebagainya.
Tempat makan keluarga di Batu
Gelap yaaks, maaf...

Day 2 (Bromo-Staycation)
Ini kayanya yang jadi gong acara kami selama di Malang Raya. Kami memang sengaja nggak mengejar sunrise. Jadi kami berangkat ke Bromo setelah subuh sekitar pukul 05.30 dari penginapan. Biaya masuknya sangat terjangkau dengan panorama alami yang masya Allah memanjakan mata banget. Sekitar jam 11.00 kami kembali turun ke Malang dan makan siang di Resto Festival Dermaga. Sesuai namanya restoran ini juga menyajikan aneka makanan laut. Lucu sih desainnya bertema kapal-dan laut gitu. Soal rasa biasa saja tapi saya rasa anak-anak akan suka karena ada tempat makan menyerupai kapal serta kids corner.
Restoran festival dermaga Malang
Resto Festival Dermaga
Selepas dari Bromo yang asliii capek banget tapi seneng, selanjutnya kami lebih memilih menikmati siang hingga malam di The Singhasari Resort. Habis naik gunung sorenya berendam di jacuzzi enak kali yaaa ... 
Jacuzzi di the singhasari Resort
Bilang masnya dulu yaa, biar dinyalakan air panasnya.
Makan malamnya kembali ke Mbok Sri, hihi ... Selain enak lokasinya juga dekat sekali dengan penginapan. 

Day 3 (Coban Rondo, Toko Oen, Bakso Presiden)
Hari ketiga ini lebih santai, tadinya sempet galau sih mau ke Batu Secret Zoo atau Coban Rondo. Cuma karena mau yang lebih alami dan sulit dijumpai di ibukota jadilah kami memilih ke Coban Rondo. Seru? Bangettt, baca ya ulasan saya tentang Coban Rondo. 

Setelah dari Coban Rondo kami kembali makan siang di Mbok Sri, hahaha.... (((((3 days in a row))))) dan tempat duduk kami sama lagi dengan sebelumnya. Terus kami saling ledek gitu, ada yang bilang "ini mah mbaknya hapal banget sama kita" ada juga yang bilang "samain aja sama menu kemarin mbak" ada lagilah yang katanya "begitu kita dateng, si mbaknya langsung masakin menu kemarin tau, rawon, sayur bayem, bebek goreng, gurame saus telur asin".   Hahaha ... Tapi bagus kan ya jadi nggak usah repot, samain aja dengan yang kemarin. Jadi gini sih, selain emang ngelewatin juga bingung  milih-milih tempat makan di Batu, karena emang niatnya kulineran di Malang.

Sebelum ke Malang, kami nyempetin ke toko oleh-oleh persis di samping Warung Mbok Sri, cuma menurut saya harganya di atas rata-rata jadi kami membeli sekadarnya aja.

Perjalanan ke Malang sudah menjelang sore sekitar pukul 14.30an dan cuaca mendung disertai hujan rintik-rintik. Tadinya kami mau langsung cek-in di Kertanegara tapi karena sudah di luar, hujan juga sudah reda kami pun melipir dulu ke Toko Oen. Toko es krim legendaris yang juga sudah terdaftar sebagai Cagar Budaya Indonesia. Di Malang ini saya perhatikan memang masih banyak bangunan bergaya tempo doeloe yang masih cukup terawat.
Toko Oen es krim legendaris

Selepas mencicipi cita rasa es krim yang melegenda sejak zama kolonial tersebut kami beristirahat dulu ke penginapan. Sekitar jam 5 sore kami kembali ke luar menikmati Bakso Presiden, yang rasanya menurut saya itu .... C alias cukup tau aja sih, yah masih ada yang lebih enak. 

Oiya dekat Bakso Presiden ini ada sate ayam yang menurut saya enak, dagingnya juga empuk, dan bumbunya pas legitnya. Sebelum ke penginapan kami sempatkan mampir ke Strudel Malang yang tempatnya tidak jauh dari Kertanegara. 

Malam harinya kita semua beristirahat di kamar saja, karena besok pagi sudah harus cek-out. Hiks, sungguh 4 hari yang terasa sekejap saja selama di Malang ini. 

Day 4 (MLG-CGK)
Kami segera check-out setelah sarapan. Tidak sempat mampir-mampir lagi karena flight kami jam 10.55. Tadinya mau yang jam 13.00 cuma khawatir macet saat perjalanan dari bandara ke rumah. 

Demikianlah itinerary kami selama 4D3N dari jadwal itinerary sesungguhnya yang seperti ini: 

Hari Pertama Minggu (23/9)
Budget liburan di malang 4 hari
Itinerary hari pertama
Pukul 09.00 driver siap di bandara
Pukul 10.05 pesawat tiba
Pukul 10.30 menuju Batu 
Pukul 12.00 - 13.00 langsung ke The Singhasari Resort check-in (sholat dll)
Pukul 13.00 - 16.00 ke Museum Angkut di Batu
Pukul 16.00 - 19.00 Jatim Park 3
19.00 menuju ke Singhasari Resort rehat

Hari Kedua, Senin (24/9)
Budget Travel Bromo
Itinerary hari ke-2
Pukul 04.00 persiapan ke Bromo
Pukul 04.30 - 07.00 tiba di Wonokitri
Pukul 07.30 - 12.00 ke love hill, lautan pasir, savana, teletubies, pure dan kawah Bromo
Pukul 12.00 - 14.30 menuju Singhasari Resort rehat
Pukul 18.00 - 19.00 ke Alun-alun Batu
Pukul 19.30 - 21.00 ke BNS
Pukul 21.30 rehat

Hari ketiga Selasa (25/9)
Coban Rondo
Itinerary hari ketiga

Pukul 08.00 - 11.30 persiapan ke Omah Kayu, Taman Langit, Paralayang, Coban Rondo
Pukul 11.30 menuju Singhasari cek out 
(atau cek out skalian pagi bisa juga)
Pukul 12.00 - 13.00 ke pusat oleh-oleh di Batu
Pukul 13.00- 14.00 menuju Malang langsung Hotel check-in rehat
Pukul 16.00 - 21.00 muter-muter Malang 

Hari keempat Rabu (26/9)
Wisata alam di Batu
Itinerary hari keempat

Pukul 06.00 sarapan di hotel
Pukul 07.00 check-out
Pukul 07.45 transfer Bandara
Pukul 09.00 persiapan boarding
Pukul 12.30 tiba di Jakarta

See? Yang saya coret adalah tempat wisata yang kami lewati saat ini. Banyak bangetkan jadwal kami yang di-skip? Kalau kalian backpacker-an atau jalan berduaan aja atau anaknya sudah besar-besar mungkin bisa mengikuti itinerary di atas. Namanya liburan mah dibikin asyik saja ya...

Sekarang soal budget, berapaan sih yang dihabiskan selama 4D3N dengan 5 dewasa dan 1 anak?  Awalnya kami rencana hanya bertigaan saja, namun ternyata eyang kakung dan putri serta ontynya mau ikut juga, maka kami buat per 3 pax karena memang harganya berbeda. Di sini kami  juga menggunakan jasa travel jadi semuanya sudah termasuk tanpa perincian lebih lanjut seperti harga sewa transportasi, bensin, supir, dan lainnya.

Pesawat GATF return 3 pax: 3 x 1.100.000 = 3.300.000 (Ini yang kami pesan melalui GATF)
Pesawat GA return 3 pax   : 3 x 1.667.000 = 5.001.000 (Ini kelas V which is kelas promo terendahnya GA, kalau 3 pax bedanya lumayan yaa)
Paket Tour 4D3N 3 pax (supir, mobil, tiket masuk Museum Angkut dan Bromo) 3 pax : 3.000.000
Paket Tour tambahan 3 pax : 450.000 (Ini untuk yang tambahan 3 pax)
Coban Rondo 5 pax : 5 x 35.000 = 175.000 (karena bisa beli tiket di dalam saat kita mau ikut wahana)
Hotel The Singhasari 2 malam 2 kamar : 2 x 2 x 900.000 = 3.600.000
Kertanegara standard room per malam per kamar : 450.000
Kertanegara family room per malam per kamar : 750.000
Makan siang dan malam untuk 7 orang dengan supir selama 3 hari : 6 x 350.000 = 2.100.000
(Untuk makan saya ambil rata-rata saja karena memang bisa dibilang harga makan di sini cukup terjangkau, apalagi sesekali kami tidak makan di restoran besar)

Jadi total biaya semua yang kami keluarkan selama 4D3N, untuk 6 pax adalah : 18.826.000 atau sekitar 3.1jutaan/pax.  Menurut saya sih ini harga yang cukup terjangkau liburan dengan maskapai full service, penginapan berbintang, tiket wisata, makan, serta transportasi termasuk bensin, lengkap dengan supirnya, juga tour Bromo.

Semoga itinerary di atas bisa menjadi inspirasi buat kalian ya yang mungkin punya waktu liburan terbatas tapi ingin merasakan banyak objek wisata di Malang Raya. Soal harga tenang saja, banyak yang bisa ditekan kok, mulai dari pesawat, tempat menginap, makan, hingga transportasi. Jadi, silakan disesuaikan dengan budget dan kebutuhan masing-masing ya.
berapa paket liburan ke Malang
Happy Traveling!

See you on my next travel stories 💗

22 komentar:

  1. Saya pribadi sangat ingin jalan-jalan ke malang. Ini akan sangat berguna jika budget sudah menginjinkan untuk pergi. Terimakasih banyak. Suka membaca iternity nya. Lumayan juga ya budget yang harus disiapkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba di Malang enak bgt Susananya. Kalo budget itu bisa disesuaikan mba dengan gaya liburan masing-masing.

      Hapus
  2. hai mba, saya dari beberapa bulan lalu sudah ancang-ancang mau jalan ke Malang,tujuannya utamany ke JP 2, tapi sampai sekarang belum aja kesempatan ada aja keperluan yang harus diutamakan, padahal tinggal naik bis aja..hahaha duh malah curcol:))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa asyik banget tinggal naik bis doang mah... Hihii... semoga ya mba bisa ke sana segera

      Hapus
  3. Tahun ini sudah merencanakan berapa kali mau ke malang, tapi ga jadi mulu..hehe.
    Baca tulisan ini jadi makin mupeng pengen ke malang. Mudah mudahan bisa segera ke Malang, terimakasih atas info nya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga dulu gt, hampir dua tahun merencanakan ke Malang, alhamdulillah kemarin kesampaian.

      Hapus
  4. Waaah...saya.ke malang bawa 15 Emak2 (40-70 th) ala backpackeran aja..hehe. Murah karena kebetulan kk punya rumah kosong disana buat kita tinggal. Mobil elf hanya bayar sopir & bensin aja + uang masuk wisata.
    Masalah perut? Ada.keluarga kakak yg.masakin, kita.tinggal ksh uang belanja. Malah tambah ke selekta & 2 pantai lagi yg.lokasinya ga jauh dr rumah kita menginap...murce2 gitu deh & naik kereta api....seru banget pokoknya...hehehe.
    Malang sll ngangenin...hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa asyik banget... halan2 sama temen ya Bun, itu sih yg penting kebersamaannya.

      Hapus
  5. Waaahhh, mau banget ke Malang, apalagi ke kawasan Bromo-nya. Eh tapi, beneran harus nabung dulu deh kayanya kalau mau ajak rombongan... ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa iya kalau mau ajak rombongan harus dipersiapkan matang2... Tapi worth it begitu lihat Bromonya...

      Hapus
  6. Bunda Dwi seru banget sih jalan-jalannya apalagi sampai berhari-hari gitu 😍. Itu ya menu es creamnya meni menggoda hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii tampilannya menggoda ya, rasanya otentik, kalau pernah ke Ragusa mirip kaya gt.

      Hapus
  7. pengeeen banget ke malang raya, tapi tunggu anak gedean dikit lagi kali ya, biar bisa lebih enjoy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurutku justru enak pas anak masih kecil Bun, masih mau di stroller. Klo udah gedean kalo capek jalan udah gak mau strolleran.

      Hapus
  8. Murce lah kalau 3,1 sudah termasuk pesawat full service, makan, penginapan...semuaaa!
    Memang kalau anak masih kecil atau bawa Ortu yang sudah sepuh enggak seperti kalau jalan berdua suami atau sama teman. Meski ngerti situasi dan kondisi.
    Itinerary nya keren ini . Bisa diikuti saat Februari nanti Insya Allah mau backpackeran sama teman muslimah trip ke Malang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Whuaa februari jalan lagi mba Dian... Asyik banget niiih...

      Betul yang penting semua happy aja alhamdulillah bisa liburan dan semua kondisi sehat.

      Hapus
  9. Seneng banget saya baca ini. Sebuah kehormatan bagi saya arek Malang karena bu dokter sekeluarga merasa masih kurang liburannya, hehe. Kapan2 ke sini lagi ya, Mbak. Malang pasti akan selalu terkenang :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Insya Allah Bunda... Whuaa nanti musti meet up an kita ya... kmrn ketemu mba Erny aja...

      Hapus
  10. Sayang yang hari ke4 itu habis buat di jalan ya mba hehehehe.. kalo backpakeran, pasti milih setengah hari jslan, baru sorenya cuss balik ke rumah wkwkwk. Apa daya mamak berhati mulia harus mikirin anak kicik juga. Thanks infonya yes... sukses terus kopermini!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii iyah mbok... kalo backpackeran juga udah kecandak kali itu semua itinerary.

      Hapus
  11. Mba, lengkap dan sangat jelas sekali utk perjalanannya.
    Kami sekeluarga ada rencana utk ke Malang, aku intip rencana perjalanannya ya 😊

    Terima kasih 😘

    BalasHapus
  12. Wah 4hari 3 malam dengan harga 3 juta sekian per pax masih terjangkau loh ternyata karena krn termasuk akomodasi, penginapan dll. Asik banget yak jalan2 berhari hari gini. Bonding sama anak juga makin kuat.

    Eh aku jadi mupeng sama ice cream nya, hihi

    BalasHapus