Menikmati Libur Panjang di Taman Spatodhea Jagakarsa


Taman Spatodhea Kebagusan

Taman Spatodhea

Kalau biasanya kami menikmati pagi akhir pekan di Taman Tabebuya, minggu ini kami mencicipi taman lainnya di Jagakarsa, yakni Taman Spatodhea. Spatodhea merupakan nama pohon yang berasal dari Afrika, disebut juga pohon hujan karena kuncup bunganya mampu memuncratkan air. 

Taman ini cukup luas dengan kontur tanah yang berbukit-bukit, pleeeus ada banyak spot permainan anak, outdoor gym, dan lainnya. Buat warga Jakarta Selatan khususnya Jagakarsa yang nggak kemana-mana libur panjang ini, ke Taman Spatodhea bisa jadi pilihan. Mungkin tak ada musik, tak ada pertunjukan apalagi layar tancap tapi berada di taman ini bisa jadi me-recharge semangat kalian dari hectic-nya kota Jakarta. Sejenak menikmati keheningan, mendengar suara alam, gemericik air, serta suara jangkrik rasanya bisa membuat hati kita lebih tenang dan damai. 

Taman yang berlokasi di Jalan Kebagusan, Jagakarsa, Jakarta Selatan ini dikenal juga dengan taman miring karena memang konturnya yang demikian. Hmm, menarik ya, namun menurut saya taman ini agak kurang cocok sih untuk para lansia dan juga mereka yang memiliki keluhan ketika menggerakkan tungkainya. Taman yang tidak kalah cantik dan cocok untuk segala usia menurut saya adalah Taman Tabebuya.

Beragam Aktivitas di Taman Spatodhea

Minggu pagi itu jam di mobil kami menunjukkan pukul 07.10, tidak terlalu siang sebetulnya. Namun, entah memang biasanya seperti ini ataukah karena bertepatan libur akhir tahun suasana terlihat sangat ramai. Agak sulit mencari parkir untuk mobil. Di pintu kedatangan, kami langsung disambut oleh beragam jajanan, mulai dari kue cubit, bubur sumsum, nasi uduk, gorengan, dan tidak ketinggalan pula aneka mainan dan balon. Oya bicara makanan jadi ingat, kalau kalian suka ngafe ada juga lho tempat makan asyik yang instagrammable masih di wilayah Jagakarsa, yakni Happiness Kitchen and Coffee, ada menu sarapan juga, jadi asyik habis olahraga melipir ke sini. 

Kami lalu masuk dan jalanan menurun langsung menyapa kami. Pemandangan pepohonan nan hijau di sisi kiri membawa kami seolah berada di hutan. Sementara sebuah danau di hadapan kami tampak anggun dengan lampu-lampu di tengahnya. Ada beragam ikan di dalam danau buatan ini dan sudah disediakan pula pakannya seharga 2000/kantung bagi mereka yang ingin menikmati sensasi memberi makan ikan-ikan tersebut. Ingat, hanya boleh diberi makan ya, tidak boleh dipancing. Petugasnya banyak, ada security dan petugas kebersihan, namun begitu jangan manja. Buanglah mantan sampah pada tempatnya.
Arena bermain di taman Spatodhea
Arena bermain di Taman Spatodhea
Taman Spatodhea danau
Danau atau kolam sih? Tapi yang penting bersih :)

Kami pun terus menyusuri jogging track ini sambil sesekali melihat sekumpulan ibu-ibu melakukan senam di tepi danau. Sangat seru, gerakan ritmis nan dinamis yang dilakukan kalau dilihat dari jauh itu bagus sekali, kelihatan kompaknya. Area taman ini cukup luas masih ada sisi belakang dengan danau kecil dan area permainan mini. Matahari semakin meninggi dan si anak meminta saya menemaninya, baiklah sembari menunggu saya memilih menikmati tubuh ini terpapar sinar matahari pagi. 

Active Park

Di sisi atas ada active park, yaitu sebuah lahan berkonsep outdoor gym yang dilengkapi beragam alat fitness sumbangsih salah satu perusahaan swasta. Dan kembali pikiran saya me-recall saat berada di Perth. Apa yang saya harapkan ternyata di Jakarta pun sudah ada. Tak banyak yang membuka gadget-nya, orang tua dan anak-anak, semua sibuk dengan aktivitasnya masing-masing, berlari kecil, berjalan santai, bercengkerama, memberi makan ikan, dan lainnya.
Ngegym di spatodhea
Bisa ngegym gratis, lho ... 

Tak luput dari pandangan saya sebuah kelompok atau komunitas Klinik Quran di mana mereka memanfaatkan salah satu sudut Taman Spatodhea sebagai ruang baca, mewarnai dan mengaji. Aah semakin damai rasanya. 

Hampir satu jam kami berada di taman cantik ini menikmati keasrian dan kesejukannya. Kini waktunya kami melakukan aktivitas yang lain. Bagi kalian yang mau datang, taman ini terbuka lebar, namun begitu ingat 5 larangan ini ya. Apa sajakah 5 larangan itu? 
  • Dilarang menginap di taman.
  • Dilarang berdagang baik produk/pun jasa di areal taman.
  • Dilarang merusak/mengotori fasilitas taman.
  • Dilarang merusak pohon, rumput, dan tanaman hias.
  • Dilarang berbuat asusila di taman. 
senam dan mengaji di spatodhea
Ingat ya larangan itu teman-teman.

Yuk, kita jaga bersama-sama, karena kalau indah terawat kan kita juga yang senang mendapatkan segudang manfaatnya. Kalau kata Aa Gym, "mulai dari diri sendiri, mulai dari hal kecil, mulai sekarang juga."

23 komentar:

  1. Senangnya kalau ada taman seperti ini. Seharusnya tiap kota ada taman seperti ini. Sedih kalau lihat para orangtua jalan2 sore hanya bisa ke dekat pintu kereta api buat lihat kereta lewat saja.

    BalasHapus
  2. Pantesan namanya asing, pohonnya asal dr Afrika sih ya. Bagus jg ya dipake wahana rekreasi macem begini. Instagramable jadinya

    BalasHapus
  3. Teduh bangettt, rindang, adem, piknik kesini aja kayanya aku mah udah cukup senang, sayangnya di kotaku taman2 pada panas, minim pohon

    BalasHapus
  4. Danaunya bersih ya mbak, senangvkalau bisa bawa anak-anak ke tempat yang nyaman dan bersih

    BalasHapus
  5. Jagakarsa lumayan jauh dari rumah saya. Tetapi, kalau ke sini senangnya masih asri. Sekarang ada taman begini, makin nyaman kalau ke Jagakarsa

    BalasHapus
  6. iri deh sama daerah jagakarsa punya taman yang multi manfaat untuk anak hingga orang dewasa. daerah dekat rumah sepertinya blm ada yang seperti ini, adanya hanya rptra saja.

    BalasHapus
  7. Baru tahu ada pohon hujan yang kuncup bunganya mampu memuncratkan air.
    Jadi penasaran ke taman Spatodhea...

    BalasHapus
  8. Aku kayaknya pernah niih arisan disini sama geng ibu ibu arisaan. Hahaa yang deket jalan raya pasar minggu kan ya ? Dibawah jembatan simatupang. Iyaaa lumayan enak nih tempatnya buat maen sama anak anak daripada ngemall mulu. Hihi

    BalasHapus
  9. Wah tamannya bagus juga ya mba,lumayan gk terlalu jauh dri depok lg

    BalasHapus
  10. Tamannya bagus ya, banyak area untuk aktivitas fisik di sana. Olahraga juga seger banget kayaknya..

    BalasHapus
  11. Mantap sekarang yah ada taman Spotadhea baru tahu loh mba hehehe next ah kalau pas mudik ke Bekasi main kesini :)

    BalasHapus
  12. Adem banget sih ijo-ijo gini

    BalasHapus
  13. Seneng banget kalau ada taman yang memberikan larangan yang bertujuan baik untuk pengunjungnya. Nama tamannya unik ya. Ini beneran bisa ngegym gratis nih?

    BalasHapus
  14. Asiknya di tenah kota Jakarta ada taman terduh dan adem gini, ramah anak juga yaa.. semoga masyarakat bisa sama-sama menjaga taman ini tetap bagus, kan sayang usah cakep begini tapi banyak sampah atau ada yang ngerusak.

    BalasHapus
  15. Waaahh aku baru tau ada taman ini, kapan2 ke sana ah. Waktu msh zaamn tinggal di pasar Minggu aku tu suka jalan2 ke taman2 sekitaran sana dan Jagkarsa jg. Skrng kyknya makin banyak taman dan tambah asri ya area Jagakarsa ini :D

    BalasHapus
  16. Enak banget kalau ada taman kayak gini ya, jadi anak-anak juga bisa menikmatinya. Aku karena dekat rumah gak ada taman jadi suka bawa main ke area outdoor yang ramah anak.

    BalasHapus
  17. Senang nya lihat ibukota semakin banyak taman dan tumbuhan hijau. Jadi main gak ke mall mulu yah bunda. Semoga tetep terjaga kebersihan nya. Biar anak cucu kita pun bisa merasakan indah nya taman di tengah kota

    BalasHapus
  18. aah seneng banget ada fasilitas publik yang bersih dan rapi gini. semacam wisata murmer lah ya haha

    BalasHapus
  19. Wah adem banget kayaknya tamannya ya, mbak. Anak-anak juga pastinya senang main di sana. Di kota saya tamannya baru 1 euy

    BalasHapus
  20. Jlebbb, setiap perjalanan adalah cara kita untuk mengenal Allah Swt lebih dekat melalui ciptaan-ciptaanNya.
    Setuju pake bangets..
    Maka dari itu sering melakukan perjalanan dengan tujuan yang sama. Menggali rasa syukur lagi dan lagiiii

    BalasHapus
  21. Taman-taman sudah mulai menjamur di Jakarta, udah miriplah sama Bandung, hehe. Tapi taman yang satu ini jujur saja aku baru sekali ini mendengarnya. Karena lokasinya juga agak ke selatan, jadi aku jarag googling juga. But, cakep sih. Kapan-kapan bolehlah dikunjungi kalau kebetulan lagi ke daerah Jagakarsa.

    BalasHapus
  22. Klo ada taman gini enak nih mba. Pagi-pagi dan sore-sore bisa ajak krucils main. Jadi gak melulu dirumah atau pegang gadget.

    BalasHapus