Tahun 2019 Liburan ke Mana? Jogja Yuk Ada 5 Taman Bunga Celosia yang Instagenic

celosia jogjakarta


Pesona Yogyakarta kian bersinar. Beragam tempat wisata baru seolah menyihir para wisatawan untuk kembali datang ke wilayah yang satu ini. Tak bisa dipungkiri, Yogyakarta memiliki nilai sejarah, budaya, kuliner, serta objek wisata yang sangat indah. 

Salah satu objek wisata yang indah dan kekininan itu adalah Taman Bunga Celosia. Bunga Celosia dikenal juga dengan nama Bunga Jengger Ayam. Kalian yang berencana ke Yogyakarta jangan lewatkan taman bunga ini ya. Hamparan bunga berwarna-warni begitu memanjakan mata. 

Di Yogyakarta sendiri Taman Bunga Celosia tersebar di beberapa lokasi, mulai dari Sleman, Bantul, hingga Gunung Kidul. Ingin tahu seperti apa taman bunga Celosia? 


1. Resoinangun Garden

Taman bunga ini terletak di Kabupaten Bantul. Resoinangun Garden ini merupakan salah satu wisata kekinian di Jogja dengan konsep taman bunga dan bernuansa hijau. Sst! Saking terkenalnya, presenter Astrid Tiar juga pernah berkunjung ke taman ini lho. 
taman bunga celosia jogjakarta

Jadi rasanya nggak perlu ragu lagi deh untuk mampir ke Resoinangun Garden saat liburan ke Jogja. Apalagi hamparan tanaman celosia dengan warna-warni indahnya pasti akan mampu memikatmu

Menariknya lagi, di sini juga tumbuh tanaman lain yang nggak kalah cantik dari celosia. Misalnya saja seperti bunga matahari dengan warna kuningnya yang mampu menambah keceriaan.

Tak hanya itu, di sini juga ada beberapa spot foto yang instagenic, seperti:

  • Ayunan
  • Sepeda hias
  • Becak hias
  • Bangku di tengah kebun

Bagaimana, pasti tertarik kan untuk mampir ke Resoinangun Garden? Mumpung jaraknya dari pusat Kota Jogja hanya 25 kilometer saja, lho.

Lokasi: Malangan, Srigading, Sanden, Bantul, Jogja

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-19.00 WIB

Tiket masuk: IDR 5.000

2. Taman Bunga Asri

Masih di kawasan Bantul, ada juga Taman Bunga Asri yang menyajikan hamparan tanaman celosia berwarna-warni. Taman dengan luas 600 meter persegi ini pun nggak hanya tumbuh tanaman celosia, namun di sini juga ada bunga matahari. Tempat ini cantik buat kalian yang punya hobi fotografi. Selain itu kalian juga bisa membeli biji bunga celosia atau bibit yang mulai tumbuh. 
Taman bunga celosia jogjakarta

Jarak taman bunga Asri ini pun hanya 30 kilometer saja dari pusat kota Jogja. Waktu tempuhnya sendiri kurang lebih selama 50 menit berkendara melalui Jalan Parangtritis. Rute yang bisa kamu tempuh apabila sudah sampai di Bantul adalah melewati Jalan Samas lurus ke selatan hingga memasuki area TPS Pantai Samas.

Sejauh 10 meter dari TPR, arahkan kendaraanmu ke kiri sampai masuk Jalur Lintas Selatan. Lalu ambil arah lurus saja sampai kurang lebih 100 meter, Taman Bunga Asri akan kamu temui.

Lokasi: Jalur Jalan Lintas Selatan Tegalrejo, Srigading, Sanden, Bantul, Jogja

Jam buka: -

Tiket masuk: IDR 5.000

3. Taman Khayana

Taman bunga Celosia satu ini baru dibuka pada 8 Desember 2018 lalu. Hamparan bunga celosia dengan warna-warni indahnya seakan menggodamu untuk berkali-kali take photo.
wisata kekinian jogjakarta
Selain ada tanaman celosia jenis plumusa, di sini juga ada bunga zinnia yang tak kalah cantik, dan lagi di sini juga terdapat banyak spot foto menarik, seperti:

  • Menara jam
  • Payung-payung lucu
  • Ornamen dari anyaman bambu berwarna-warni yang digantung
  • Kincir angin

Untuk bisa sampai ke lokasi, kamu pun memerlukan waktu kurang lebih selama 1 jam 14 menitan dengan jarak tempuh sekitar 38,2 kilometer. Bagaimana, tertarik mampir ke tempat wisata terbaru di Jogja ini kan? Yuk langsung berangkat!

Lokasi: Dusun Karanglo, Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempel, Kabupaten Sleman, Jogja

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 07.00-18.00 WIB

Tiket masuk : IDR 7.000

4. Taman Bunga Celosia Kemadang

Taman Bunga Celosia Kemadang atau Ecopark Celosia Flower ini berlokasi di Gunung Kidul. Hamparan bunga celosia berwarna-warni nan tertata rapi akan tersaji di hadapanmu. Siapa sih yang nggak tergoda untuk segera hunting foto di sini?

Perlu kamu ketahui juga, kebun bunga ini adalah milik Eko Handayanto. Dulu di taman ini juga sempat ditanam bunga matahari. Tapi, karena bunga matahari nggak cocok di daerah ini, maka sang pemilik menggantinya dengan bunga-bunga jenis celosia.

Jadi nggak sabar untuk liburan ke objek wisata ini ya? Apalagi lokasinya juga berdekatan dengan Pantai Kukup yang populer, yakni berjarak sekitar 200 meter.Rute termudah agar bisa sampai ke tempat ini adalah menuju ke Pantai Sepanjang. Tepat di selatan jalan, kamu akan menyaksikan  hamparan bunga berwarna-warni.

Lokasi: Padukuhan Nglaos, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Jogja

Jam buka: -

Tiket masuk: IDR 5.000

5. Kukup Mentari

Masih di kawasan Gunungkidul, Kukup Mentari juga menghadirkan hamparan bunga celosia yang cantik. Sesuai dengan namanya, objek wisata ini memang letaknya dekat dengan Pantai Kukup. Kebun ini juga dikelola oleh penduduk setempat bernama Bariyanto. Menurut sang pemilik kebun, dulunya tempat ini merupakan lahan pribadi yang dijadikan sebagai area persawahan.

Kini, Kukup Mentari menjadi taman bunga yang cukup menarik perhatian para pelancong. Apalagi di sini ada replika kincir angin yang bisa dijadikan latar fotomu. Untuk bisa sampai di lokasi ini, kamu pun harus menempuh jarak sekitar 60 kilometer dari pusat Kota Jogja. Meski sedikit jauh, pasti nggak akan rugi kalau kamu mengunjunginya.

Lokasi: Ngepung, Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul.

Jam buka: Setiap hari mulai pukul 06.00-18.00 WIB

Tiket masuk: IDR 5.000

Nah, itulah deretan taman bunga celosia di Jogja untuk alternatif wisata tahun 2019 ini. Tarif masuknya juga sangat terjangkau kan? Jadi bisa liburan hemat ceria. 

49 komentar:

  1. Wow bagus banget mba Dwi Arum. Jadi mupeng banget pengen ke Jogja, apa daya harus disimpan dulu keinginannya 😊

    BalasHapus
  2. Eh kogh ini tamannya lebih bagus dari Surabaya yak :D waaaah jadi kangen jogja trus jalan jalan dan selfie di taman Bunga Asri, Bantul :) cakep amat, kayak diluar negeri euy :)

    BalasHapus
  3. Kereennn kereenn bangeeettt, dikasih link postingan ini sama mama Luigi, dan ternyata masha Allah, cantik banget taman bunganya.
    Kebetulan kami ada rencana ke Jogja, insha Allah mau mampir ah.
    Makasih share nya :)

    BalasHapus
  4. Omaygad ini taman-taman di Yogya ? Mauuu ke sinii, dan murah banget masuknya ya

    BalasHapus
  5. Ya ampuuun baru tau akuu kalau Celosia itu jengger ayam.
    Kalau jengger ayam bunga jaman kecilku dulu ini..tapi warnanya ternyata banyak yaa..jadi syantiiik banget lihatnya.

    Wah, mupeng ke Jogja jadinya

    BalasHapus
  6. Perkara bunga-bunga gitu, malah suami yg seneng banget. Hihi... Kalo jalan ke mana, nyarinya taman. Kasih tahu aaah. Ntar kalo ke Yogya, mampir

    BalasHapus
  7. Wah, baru tahu saya kalo nama bunga ini adalah celosia. Cantiik, seger ngliatnya.

    BalasHapus
  8. Pas lewat Jogja kemarin bolka-balik ngelewati taman kayak gini. Tapi ya namanya bojoku, dia ogahlah diajak mampir buat pepotoan kayak gini. Sebel akutuh

    BalasHapus
  9. Yuk yuk yuk kalo ke Jogja mampir yaaa

    BalasHapus
  10. Waaah mantap cantiknya. Murah-murah juga ya tiketnya.

    BalasHapus
  11. Aku kalo luhat taman2 bunga, bawaannya ingat Kota Malang terus. Duh, jadi kangen mudik... Libur kali ini gak bs mudik

    BalasHapus
  12. Subhanallah taman bunganya cantik-cantik sekali, kalau saya disana bisa betah berlama-lama menikmati pemandangan indahnya hihi sayang jauh

    BalasHapus
  13. Masyaa Alloh cantik ya taman bunga Celosia, nanti mampir ah pas kalau ke Yogya, harga tiketnya pun murmer. Asyik buat pepotoan nih..hihii

    BalasHapus
  14. Murah banget ya mba HTM cuman 5000an aku ada rencana pengen ke Yogya nih sudah cari-cari tiket semoga bisa terealisasi dan mampir ke tamab bunganya :)

    BalasHapus
  15. Waah...keren banget.itu bunga dulu buat mainan aku waktu kecil. Didepan rumah ada beberapa.pohon tersebut. Klo ke yogya harus kesana nih.

    BalasHapus
  16. Jogja makin banyak taman bunga, nih. Kalau saya pengen yang kebun bunga matahari itu :)

    BalasHapus
  17. Murah banget tiket masuknya mbak, padahal tempatnya sangat indah ya, bunganya mekar ya

    BalasHapus
  18. Wah, taman bunga emang lagi jadi destinasi wisata yg ngehits. Ternyata di Jogja buanyakk ya taman bunga celosia. Jengger Ayam ternyata, ya. Cantiiik... Catet dulu ah, sapa tau kapan2 bisa mampir. Mungkin yg paling dekat dengan rumah mertua itu yg di Gunung Kidul.
    Thanks infonya, Mbak :)

    BalasHapus
  19. Wow...keren banget Mak taman bunganya. Kayak mimpi deh pasti kalau bisa foto di sana. Itu jauh ya dari daerah Malioboro?

    BalasHapus
  20. Ada yang baru tahu nih saya... makasih infonya... besok2 kalau ke jogja beloknya ke taman-taman ini deh..

    BalasHapus
  21. Noted deh mb Dwi, ntar ada rejeki umur insha allah ke Jogja untuk kesekian kalinya. Hehe.. Thx infonya yaaa

    BalasHapus
  22. jogja selalu ada tempat di hati saya. kepengen banget suatu saat datang lagi ke jogja karena makin banyak ya mbak taman beragam. penasaran dengan celosianya.

    BalasHapus
  23. Wah aku belum pernah ke sana bun. Tahunya cuma candi doang hihihi. Ternyata ada tamannya yang bagus-bagus juga ya. Pas ngeliat gambar tamannya aku langsung inget lagu india wkwkwkw. Soalnya dulu pas nonton india ada yg narinya di taman bunga gitu hihihi. Jadi pengen ke sana juga

    BalasHapus
  24. Waah Jogja, pas bgt bukan depan mau kesana. Ternyata Jogja pnya taman bunga indah2 yaa. Noted lah utk dikunjungi

    BalasHapus
  25. Berwisata ke Taman Bunga sangat menyegarkan pastinya, yang penting jangan lupa buat nggak merusak atau menginjak taman yaak

    BalasHapus
  26. Taman bunganya memukau semua nih. Jadi kangen jogja setelah baca postingan ini. Yang aku tahu cuma taman bunga Celosia di Semarang aja dan kalau di Jogja aku belum tahu sama sekali.

    BalasHapus
  27. Wah noted banget inih lebaran besok kudu muleh kudu berburu wisata ini pokoe

    BalasHapus
  28. Belum pernah kesini, besok mampir lah kalau jalan ke jogja...makasih infonya mbak

    BalasHapus
  29. Ya Allah bener-bener dengan pemandangan yang luar biasa indah harga yang dibayar sangat-sangat murah.. dan baru tau di jogja banyak taman bunga gini.. next kalo ke jogja wajib mampir nih di salah satu taman bunga ini

    BalasHapus
  30. wah bagus dan harganya murah-murah amat yaak. Jadi mauuu, nanti kalo ke jojga mampir ah, bookmark dulu nih. Makasih infonya bun.

    BalasHapus
  31. Dari dulu Jogja memang ngangeniin...!
    Banyak tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi dan saya gak pernah bosan main ke sana.
    Apalagi sekarang ada Taman Bunga Celosia juga, waah...makin kangen dengan Kota Jogja, deh! Bunganya indah-indah, cocok sekali untuk jadi latar belakang foto-foto ya ...hihihi

    BalasHapus
  32. Kebetulan mau ke Yogyakarta bawa mama jalan-jalan. Boleh nih jadi tambahan avenue kami. Tapi gak jauh dari perkotaan kan?

    BalasHapus
  33. Jogjakarta oh Jogjakarta, pesonanya tiaa henti, baru tahu saya ada kebun celosia yg bagus banget, soalnya saya penggemar bunga,
    Nambah lgi deh, list tempatwisat di jogj wg hrus di kunjungi nanti jika main ke sana

    BalasHapus
  34. Kyaaa... Yogyakarta, aku pingin banget pergi kesana😍😍😍

    BalasHapus
  35. jogjaaaa..... Insya Allah next akan berkunjung lagi.
    Ternyata di jogja banyak taman bunga celosia, yaaaa
    Beberapa waktu lalu saat ke jogja sempet bingung mau kemana saking banyaknya tempat wisata. akhirnya ke bukit becici aja, belum sempet ke pantai juga, loh. haduh, next kudu digendakan lagi nih kayaknya. memanjakan mata banget pemandangan taman bunganya

    BalasHapus
  36. Jadi penasaran apakah Bunga Celosia ini memerlukan iklim tertentu ya...Kok di Jogja banyak Taman Bunga jenis ini. Apakah di kota lainnya bisa juga dikembangbiakkan?

    BalasHapus
  37. Ternyata dalam negeri pun banyak taman bunga yang gak kalah keren dengan yang di luar negeri, ya. Udah gitu, tiket masuknya sangat terjangkau.

    BalasHapus
  38. Aku tinggal di Jogja tapi malah belum pernah ke tempat-tempat itu, satupun hahaha. Kalau pergi yang dicari pasti hutan atau air terjun, ajrang nengok taman bunga. Nest piknik nyoba mampir ah :)

    BalasHapus
  39. Kemarin pas mudik gunung kidul hanya ke pantai saja. Nggak tahu kalau ada taman bunga bagus di gunung kidul

    BalasHapus
  40. Bagus bagus banget tamannya. Kan, nambah rasa pengen main ke jogja. Semoga aja nanti dikasih rejeki buat mampir ke taman-taman itu..

    BalasHapus
  41. Hai, Mbak Arum. Aku pernah nih ke Bantul. Di sana pantai berjejer sampai bingung mau kemana. Taman bunga juga berjejer sepanjang jalan. Waktu itu belum ada taman bunga berwarna-warni semacam ini, deh. Aku cuma menjumpai bunga matahari. Itu pun banyak yang masih kuncup. Ah, sepertinya aku datang bukan di waktu yang tepat. Semoga saat balik lagi bisa beruntung jadi Astrid Tiar, eh bisa berfoto seperti Astrid Tiar.

    BalasHapus
  42. Yang di Bantul aku pernah berkunjung. kebetulan dekat sama rumah. puas deh foto di sana.

    BalasHapus
  43. Duh aku pengen deh mba ke Yogya yang paling terkenal sama taman bunga mataharinya itu. Kan cakep bgt ya view nya.

    BalasHapus
  44. wuaaaaa belum pernah ke taman sebagus ini, bunga-bunga nya cantik smua ya. semoga para pengunjung bisa bertahan untuk tidak memetik bunga-bunganya ya mbak..

    BalasHapus
  45. Wah baus2 ya taman di Yogyakarta, makin banyak aja wisata kekinian di sana :D
    Jd pengen balik Ygya lagi, kmrn terakhir ke Yogya aku blm sempat datag ke taman2 itu mbak :D TFS

    BalasHapus
  46. Kebetulan bulan depan ada rencana mau ke Yogya sama teman-teman, aku catetin ah ini taman bunganya buat list selama liburan ke Yogya.

    BalasHapus
  47. Penikmat bunga pasti mengincar wisata bunga ini ya, mbak?
    Btw murah bingit tiket masuknya, cucok bt mamak ngirit tp doyan muter2 kek saya, hehe.😁

    BalasHapus
  48. Banyaaaak ya taman bunga di jogja. Harga tiket masuknya juga sangat amat terjangkau. nanti kalau mampir ke Jogja lagi pengen mampir ah ke salah satu tempat diatas.

    BalasHapus
  49. Tiket masuknya murah banget ya. Di Bantul ini banyak tempat wisata. Tapi kemarin saya cuma numpang lewat.

    BalasHapus