Pengalaman Suntik Vaksin Meningitis di RSUP Fatmawati~Update Feb 2019!

Suntik vaksin meningitis di fatmawati
Foto oleh Dwi Arum

Assalamualaikum wr wb ...

Alhamdulillah setelah sekian lama vakum, kopermini.id hadir lagi membawa informasi terbaru seputar traveling kesehatan yaitu mengenai alur penyuntikan vaksin meningitis di RSUP Fatmawati. 

Jadi bagi siapa pun yang ingin memasuki wilayah Arab Saudi, baik untuk keperluan ibadah haji- umroh, atau pun bekerja dalam jangka waktu tertentu di sana, wajib melakukan suntik vaksin meningitis sebelumnya. Seperti yang saya lansir dari laman situs saudia.com aturan ini memang diwajibkan oleh pihak Kerajaan Arab Saudi, mengingat menurut WHO (World Health Organization), tempat ini merupakan endemik terhadap penyebaran virus penyebab infeksi meningitis. 

Apa sih meningitis?

Sebelum bicara prosedur penyuntikan ada baiknya kita pahami sedikit tentang penyakit ini. Jadi kalau dalam dunia kedokteran sesuatu yang berakhiran -itis itu mengandung arti radang, sementara meningen adalah selaput yang melindungi otak dan sumsum tulang belakang. Dengan demikian meningitis merupakan radang pada selaput otak dan sumsum tulang belakang. Penyakit ini menular serta sangat berbahaya karena dapat menyebabkan kematian dan cacat. Penularannya bisa melalui saluran pernafasan dan air liur. Penyebabnya bisa virus, bakteri, maupun mikroorganisme lain. 

Gejala meningitis

Ada trias meningitis atau tiga gejala khas yang harus ada pada meningitis, yaitu:
  1. Demam tinggi
  2. Sakit kepala hebat
  3. Kaku kuduk (leher kaku)
gejala lainya bisa mual, muntah, peka terhadap cahaya, hingga kejang.

Apa manfaat vaksin Meningitis?

Seperti yang kita ketahui bersama saat umroh dan musim haji seluruh manusia dari berbagai penjuru dunia datang ke Tanah Suci, termasuk mereka yang berasal dari negara endemis Meningitis, seperti Afrika. Karena penyakit ini menular dan berbahaya maka perlu bagi siapapun yang ingin ke Tanah Suci untuk melakukan vaksinasi meningitis sebelumnya, tujuannya tentu saja untuk mellindungi  jamaah dari penyakit meningitis terutama yang disebabkan oleh bakteri. Tak hanya itu vaksinasi meningitis pun menjadi syarat wajib untuk mendapatkan visa dari Kerajaan Arab Saudi.

Bagaimana prosedur penyuntikan vaksin meningitis?


Oke langsung saja ya bagaimana prosedur penyuntikan vaksin meningitis ini di RSUP Fatmawati, Cilandak, Jakarta Selatan. Kalau untuk wilayah lain jujur saja saya kurang paham. 😁

Di mana lokasi persisnya?

Rumah Sakit Fatmawati ini sangat luas, jadi di mana persisnya? Untuk melakukan vaksinasi meningitis lokasi tepatnya berada di Gedung Griya Husada. Jadi masuk dari Jl. RS Fatmawati, tidak jauh dari gate parkir, belok kiri. Nah gedungnya yang ada di sebelah kiri atau di seberang Roti O. Gedungnya bersih dan nyaman karena memang ini poli eksekutif. 

Apa saja syarat yang diperlukan untuk suntik vaksin Meningitis?

Tidak ribet kok, kita hanya perlu menyiapkan fotokopi paspor dan KTP. Kalau fotokopi paspor untuk dilampirkan saat pendaftaran. Kalau KTP untuk memasukkan NIK di mesin komputer saat input data.

Bagaimana alurnya?

Jadi waktu itu saya pernah datang di hari Senin jam 9 pagi, niatnya mau reservasi untuk hari kamis. Ternyata tidak bisa, karena begitu kita daftar harus langsung suntik saat itu juga. Ya sudah kami pikir yang bisa dulu aja disuntik, ternyata oh ternyata penyuntikan baru di mulai jam 10, sementara saya harus jemput si anak TK, jadilah cabut berkas lagi, batal. Akhirnya ya sudah kami niatkan semuanya hari kamis saja selepas foto biometrik di VFS Tasheel. 

Hari H tiba, kami daftar jam 1 siang untuk mendapatkan jadwal suntik yang sesi sore. Jadi alurnya buat kalian yang baru pertama datang adalah tanya satpam di mana mengisi formulir suntik vaksin meningitis. Biasanya satpam akan mengarahkan ke sayap kanan paling ujung menghadap jendela dengan view lapangan parkir. Di sana sudah tersedia 3 buah komputer, di mana dua di antaranya untuk daftar perorangan, dan satu komputer untuk daftar kelompok.
Jamaah haji dan umrah wajib suntik vaksin meningitis
Foto oleh Dwi Arum

Sebelum mengisi siapkan dokumen fotokopi paspor dan ktp. Masukan semua data yang diperlukan seperti NIK, tanggal lahir, status, agama, dan lainnya. Kalau sudah, klik "simpan" dan kemudian klik lagi "ok", nanti langsung tercetak di mesin printer surat informed consent (persetujuan) dan nomor antrean.

Setelah selesai satukan berkas berupa nomor antrean, fotokopi paspor, dan lembar informed consent yang sudah kalian tandatangani di pojok kanan bawah.. Kalau kalian daftar untuk sesi pagi, penyuntikannya di lantai 3, sementara kalau kalian daftar untuk sesi sore, penyuntikan di lantai 2. Jangan khawatir pegal, karena ada eskalator maupun lift.

Setelah itu serahkan berkas tadi ke petugas dan tunggu dokternya datang. Penyuntikan untuk perempuan dan laki-laki dibedakan. Jadi kemarin sih yang laki-laki dulu dipanggil sekitar 10 orang, setelah semua selesai baru yang perempuan 10 orang.

Nanti di dalam ruangan yang menyuntik bukan dokter melainkan perawat. Dokternya hanya menerangkan sedikit soal vaksin meningitis ini dan tanda tangan buku kuning. 

Dokter menjelaskan bahwa penyuntikan ini memang wajib bagi siapapun yang ingin berangkat ke tanah suci. Penyuntikannya dilakukan di lengan kiri atas, tidak ada efek demam, paling pegal saja. Kalau saya sih setelah penyuntikan tidak ada rasa apa-apa, tapi pas malamnya baru terasa pegal. Vaksin ini bertahan hingga 2 tahun, jadi kalau mau umroh/haji dalam dua tahun ini tidak perlu suntik lagi. Sebaiknya jangan mepet jarak antara waktu suntik vaksin ini dengan waktu keberangkatan. Karena vaksin baru bekerja alias antibodi baru terbentuk setidaknya 10 hari setelah penyuntikan. Oya, buat yang sedang hamil juga tidak boleh suntik vaksin meningitis, bagi yang menyusui 1x24 jam harus dibuang asi-nya, jangan diberikan ke anak, setelah 24 jam boleh disusui lagi.

Setelah selesai penyuntikan, lanjut antre ke kasir membayar uang vaksin. Kemudian antre lagi untuk mendapatkan buku kuning atau International Certificate of Vaccination (ICV) Meningitis Meningokokus yang sudah distempel dan ditandatangani oleh dokter. Setelah itu, selesai!!! Penyuntikannya sih nggak lama ya, tapi nunggunya itu yang perlu kesabaran.

Kapan waktu operasional vaksin meningitis di RSUP Fatmawati?


Waktu pendaftaran di buka mulai hari senin-sabtu dan ada sesi sore. Jadi yang di banner ini belum diupdate ya.
Jam buka suntik vaksin meningitis di fatmawati
Foto oleh Dwi Arum

Waktu pendaftaran:
Senin-Kamis pagi : Pukul 08.00-12.00 
Senin-Jumat sore : Pukul 13.00-16.00
Jumat pagi : Pukul 08.00-11.00
Nb : jadi sejak jam 1 siang sudah bisa daftar untuk sesi penyuntikan sore. Sementara suntiknya sendiri di mulai pukul 16.00-18.00. Ini info yang kami dapat dari satpam. Kalau sabtu juga buka hanya saja lebih ramai daripada hari kerja.

Harga suntik vaksin Meningitis

Seperti yang tertera di banner, untuk suntik vaksin ini dikenakan biaya 305.000/orang. Bagi yang diurus pihak travel, bisa saja ada sedikit perbedaan harga ya.

Fasilitas

Ada musholla di lantai 3 dekat poli paru, ada tempat wudhu di dalamnya. Tempat wudhu perempuan dan laki-laki bersebelahan, jadi kalau yang laki-laki mau wudhu pasti ngelewatin tempat sholat perempuan,

Selain itu kalau mau ngemil-ngemil ada Roti O yang punya dua varian rasa kopi dan sosis. Lumayan buat iseng sambil nunggu. Qiqiqi... 

So far sih pelayanannya cukup baik, hanya saja agak lama saat menunggu dokternya datang, dari jadwal seharusnya jam 16.00 dokter baru tiba jam 16.30. Padahal hiks, kami sudah datang dari jam 13.00, isi-isi pendaftaran selesai sebelum jam 14.00. Terus ke mana? Hahah, kalau saya mah nggak usah ditanya paling BW atau ngedraft tulisan.

Nah, itulah kira-kira alur penyuntikan vaksin mengitis di RSUP Fatmawati. Semoga bermanfaat ya 😉

14 komentar:

  1. Wah ternyata ga mahal juga ya ..kirain berapa. Terima kasih infonya

    Dulu sebelum stay di Aljazair untuk bekerja, suami juga wajib suntik vaksin meningitis ini. Enggak tahu berapa biayanya karena diurus kantornya.
    Oh ya, dan ini bedanya ya , ga tau kenapa, pas aku di Amerika, vaksin itu selalu dokter yang nyuntik bukan perawat. Pengalaman 2 tahun vaksin anak di sana.
    Di Indonesia perawat yang nyuntik..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah semoga aku bisa berada di barisan yang akan suntik meningitis juga ya mbak, doanya labaikallahumma labaik

    BalasHapus
  3. Hmm. .Lumayan menguji kesabaran prosesnya ya, mbak? Itung2 berlatih kesabaran sebelum menunaikan ibadah ke tanah suci. Terimakasih informasinya yang sangat rinci. Pasti sangat membantu bagi teman-teman yang akan berangkat juga.

    BalasHapus
  4. Bun aku baca ini nggak kuat. Inget adik aku meninggal di usianya 21 tahun karena penyakit ini. Aih jadi nangis hiks...hiks...hiks. Sedih Bun. Bener banget penyakit ini sangat berbahaya dan mematikan. Penyularannya mudah ya

    BalasHapus
  5. aku pun pas umroh mau suntik meningitis juga di RS Fatmawati. Lumayan rame sih, ya tapi pelayanannya cepet, dipanggilannya rombongan bisa 5 orang sekali masuk ke ruangan untuk di suntik. Jadi, meski rame enggak terlalu lama nunggunya hehe. makasih mba sharingnya ~

    BalasHapus
  6. Mbak ... Dirimu asyik banget dapat RS yang tinggal nggelinding dari rumah. Aku dong, rumah di Bogor dapatnya di Tanjung Priok. Dulu itu RSUP Fatmawati penuh banget. Tapi nggak apa-apalah, sekalian halan-halan lihat kapal, hahaha ...

    BalasHapus
  7. Kirain mahal yah suntik vaksin meningitis itu. Ingin segera diundang Allah tanah suci dan bisa melakukan prosedur vaksin ini. Lengkap mba panduan penyuntikan vaksinnya. Terimakasih ya mbak infonya

    BalasHapus
  8. Ternyata kayak gini, ya, proses untuk mendapatkan suntik meningitis. Insya Allah, sudah ada niat untuk umroh dan semoga semuanya dipermudah oleh Allah.

    BalasHapus
  9. Ternyata tidak terharu mahal ya, mbak, dibanding dengan besarnya manfaat yang didapat. Rumah sakitnya juga cukup bagus pelayanannya. Jadi pengen semoga kelakon umroh dan haji. Aamiin

    BalasHapus
  10. Kemaren juga nganterin adik vaksin meningtis. Tapi harga di Jogja lebih murah, cuma 235ribu...

    BalasHapus
  11. Mba ini bisa untuk anak ga sih vaksin meningitis ini ? Anak salah seorang teman meninggal saat masih baby karena meningitis katanya.

    BalasHapus
  12. Bisa banyak gitu ya penyebabnya? Kirain meningitis itu ya karena virus makanya Di vaksin. Rupanya bakteri pun bisa... Serem ya Penyakit ini, yg diserang GA tanggung2,otak.

    BalasHapus
  13. wahhh terima kasih sekali untuk informasinya, mbak. Sangat berguna sekali.
    Ternyata harga vaksinnya cukup mahal juga ya. Btw, apakah vaksin ini hanya tersedia di RS.Fatmawati, mbak?

    BalasHapus
  14. agak rame yaaa.. kmrn itu aku suntik di tj priuk. tp memang di sana tempat yg tersepi dari semua tempat suntik meningitis sih. aju rasa krn tempatnya memang terpencil msk ke dalam gitu. aku bela2in cuti, ternyata datang jam 8, ga ada yg antri, kurang dr jam 9 udh selesai kwkwkwkw. tau gitu aku ga bakal cuti :D.

    BalasHapus