Wisata Menarik yang Dapat Dilakukan di Candi Prambanan

Image by Patricia van Den Berg from pixabay

Bagi Anda yang ingin berwisata alam sekaligus belajar sejarah menarik tentang Indonesia di masa lampau, mengunjungi Candi Prambanan dapat menjadi pilihan tepat. Anda bisa membeli tiket masuknya di Traveloka. Tak hanya wisata sejarahnya berupa candi yang fenomenal hingga ke mancanegara, namun ada banyak hal lain yang dapat Anda lakukan di sekitar kawasan candi yang dirawat dengan baik ini. Beberapa wisata menarik yang dapat Anda lakukan di candi Prambanan antara lain : 

Kisah Legenda Candi Prambanan


Indonesia merupakan negara yang kaya akan sejarah dan mengenal sejarah adalah salah satu bentuk kecintaan pada bangsa. Traveling bisa menjadi salah satu cara asyik mempelajari sejarah baik yang asli maupun sekadar legenda. Saat Anda berkunjung ke Candi Prambanan yang ada di Jalan Raya Jogja - Solo Km 16 ini Anda dapat sekaligus belajar mengenai sejarah peradaban Hindu di Indonesia, termasuk asal usul pembangunan candi ini. 

Konon, adanya candi terbesar peninggalan Hindu ini tak lepas dari kisah Roro Jonggrang dan Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso yang merupakan putra dari Prabu Damar Maya yang telah membunuh ayah dari Roro Jonggrang, Prabu Baka, untuk usaha perluasan wilayah kekuasaan. Bandung Bondowoso yang terpikat dan ingin menikahi Roro Jonggrang lantas diminta untuk membangun seribu candi dalam satu malam sebagai syaratnya. Dengan bantuan jin, Bandung Bondowoso berhasil membangun 999 candi dan saat membangun candi terakhir, Roro Jonggrang meminta dayangnya untuk menumbuk padi sebagai tanda pagi menjelang. Bandung Bondowoso yang marah karena ditipu lantas mengutuk Roro Jonggrang menjadi candi. Cerita legenda yang melekat pada Candi Prambanan ini agaknya menjadi salah satu daya tarik wisatawan untuk menyambanginya.

Tak hanya itu, ada beberapa fakta sejarah menarik mengenai candi Prambanan, di antaranya: 

● Relief candi yang bercerita kisah Ramayana 

Dinding di lorong - lorong candi memiliki relief / pahatan yang memiliki cerita menarik. Anda dapat menemukan alur cerita Ramayana di kompleks candi ini, yang dimulai dari sisi timur, tepatnya di kompleks candi Siwa. 

● Memiliki rancangan yang menyerupai gunung Semeru 

Anggapan bahwa candi Prambanan dirancang menyerupai gunung Semeru berdasar pada kosmologi Hindu kuno, yang menganggap Mahameru sebagai rumah dari para dewa. Setiap bagian yang ada di candi ini memiliki pola yang mengikuti pola alam semesta, di mana terbagi dalam beberapa lapis loka, dari lapis loka yang kurang suci, hingga yang tertinggi adalah yang paling suci. 

● Arah kunjungan searah jarum jam 

Bagi Anda yang tertarik memperhatikan relief cerita Ramayana secara runtut, Anda harus masuk ke Candi Siwa melalui sisi timur lalu pradakshina, atau berjalan memutar sesuai dengan arah jarum jam. Cerita Ramayana yang terpahat dalam relief candi ini kemudian berlanjut di Candi Brahma. 

Mengabadikan momen dengan berfoto 

Pemandangan yang indah serta bangunan candi Prambanan yang megah tentu tak ingin Anda lewatkan begitu saja saat Anda berkesempatan untuk mengunjunginya. Anda dapat mengabadikan momen dengan berfoto di kawasan candi yang terlihat cantik dari dari mana pun Anda membidiknya. Bagi Anda yang tertarik menikmati liburan di candi Prambanan dengan lebih lengkap, Anda dapat memilih datang pada malam bulan purnama, di mana pada waktu tersebut akan diselenggarakan sendratari Ramayana di setiap bulannya. Bila Anda ingin menikmati pertunjukan di panggung terbuka, Anda dapat memilih jadwal liburan pada musim kemarau. 


Mengelilingi kompleks Candi Prambanan 

Tak hanya dapat dinikmati cerita sejarahnya dan berfoto dengan latar candi Prambanan yang cantik, Anda juga dapat berkeliling di kompleks candi, yang luasnya mencapai 39,8 hektar. Meski cukup luas untuk ukuran kompleks candi, namun Anda tidak akan merasa kelelahan karena dimanjakan dengan pemandangan indah di sekitar candi Prambanan yang terdiri atas taman - taman dan pepohonan rindang berbagai jenis yang terawat dan tumbuh asri di sini. 


Jangan lupakan oleh - oleh 

Ke mana pun Anda pergi berlibur, tentu tidak akan lengkap bila Anda pulang ke rumah tanpa membawa oleh - oleh, termasuk bila berlibur ke Prambanan. Di sekitar candi Prambanan, ada berbagai penjual oleh - oleh dan cinderamata khas dari daerah ini. Beberapa oleh - oleh atau souvenir yang dapat Anda beli mulai dari kalung, gelang, gantungan kunci, kaos dan pakaian dengan berbagai variasi warna dan corak, hingga miniatur candi yang dapat menjadi pajangan di rumah.

11 komentar:

  1. Belum kesampaian ke Prambanan kelak harus ke sini sebagai destinasi liburanku, terimakasih buat review traveling nya mbak

    BalasHapus
  2. Jogging di Candi ini juga asik sepertinya.... pagi hari saat udara segar sedang banyak....

    BalasHapus
  3. Muantaph...
    Makasih artikelnya, mbak. Aku belum pernah ke Prambanan, bisa dijadikan next destinasi buat liburan bareng keluarga tercinta.

    BalasHapus
  4. Duuh zaman kapan aku ke Prambanan. Jadul bet. Harus napak-tilas nih. Sekarang wisata Prambanan dan sekitarnya udah bagus banget. Bisa nyaman jalan pelan-pelan menikmati suasana dan hawa yang segar. Kayaknya udah engga ada lagi yaa pengasong yang ngikutin kita kemana-mana ya? Sip...hehe...

    BalasHapus
  5. Berkeliling udah mbak hehe plus abis puas wisata candi emang enak berburu souvenir hehe suka nemu aja yang lucu-lucu atau yang khas candi prambanan. Makasih mbak infonya

    BalasHapus
  6. Waaa kalo ke jogja mampir ya mba.. tak anterin ke Prambanan sekalian ngopi kitah hehehe

    BalasHapus
  7. Prambanan tambah bagus lho. Apalagi candi yang belakang-belakang. Tapi ya emang butuh waktu kalau mau muteri semua. Butuh tenaga juga. Waktu itu anakku rewel karena kecapekan, hehe. Kalau agak gedean dikit kayaknya bisa diulang lagi.

    BalasHapus
  8. Next destination, Inshaallah. Nasib tinggal di pulau, kemana-mana jauhhh... deketnya ke negara tetangga thok.

    BalasHapus
  9. Candi keren nih Prambanan. Dari segala sudut, cantik buat pepotoan. Sarat cerita sejarah dan makna ya mba. Aq dah beberapa kali, tapi mesti pengen kesana lagi dan lagi. Thx mba buat info wisatanya.

    BalasHapus
  10. woww!!! must-visit banget nih gak boleh dilewatkan

    BalasHapus
  11. JAdi makin kangen prambanan deh mba, sudah lama banget gak ke sana.
    Rasanya sejak punya anak jadi males aja gitu wisata ke tempat-tempat bersejarah macam candi, apalagi pas anak masih bayi.

    Next mau ngajakin anak-anak ke sana deh :)

    BalasHapus