6 Tempat Kuliner Sehat, Enak, dan Mengenyangkan di Jogja

Hotel di Jogja

Halooo ... Gimana liburan kemarin? Masih ada sesi 2 lho selepas anak-anak rapotan minggu depan. Yup, akan ada lagi episode liburan panjang tahun ajaran baru di akhir bulan Juni-Juli ini.

Siapa yang udah rencanain liburan panjang sesi 2 nanti? Atau ada yang sengaja nunda mudik buat dipakai saat liburan sekolah aja? Hehe, itu sih aku, insya Allah.

By the way, teman-teman punya rencana liburan kemana nih? Kalau akutuh pengen banget ke Jogja. Sebetulnya aku sudah pernah sih cuma yang sama anak dan suami belom, pengen aja gitu liburan sekeluarga ke sana. Apalagi sekarang Jogja sudah makin variatif dan atraktif tempat-tempat hiburannya.

Sebagai penganut pola makan sehat ala JSRnya Dr. Zaidul Akbar #tsyah, (meski banyak juga cheating-nya) akutuh suka kebingungan saat liburan, maunya sih tetap bisa asyik kulineran tapi yang tetap bisa manjain tubuh juga.

Makanya nih aku coba rangkumin buat aku dan teman-teman semua yang emang concern dengan pola makan sehat supaya saat liburan khususnya di Jogja tetap nyaman, perut kenyang dan rasanya endesss.

6 Tempat Kuliner Sehat, Enak, dan Mengenyangkan di Jogja


1. Somayoga

Warung Vegetarian Somayoga ini terletak di Caturtunggal, Sleman, Jogjakarta. Menu favoritnya di sini adalah nasi bakar dengan lauk tempe, tahu empal jamur, paha sere, kremes sayuran, lalapan sambal. Ada juga menu lainnya seperti burger dan steak. Beberapa turis asing juga suka lho makan di sini.
Restoran sehat di Jogjakarta Somayoga
Pic Souce : Official instagram of Somayogavegan


2. Loving Hut

Buat penyuka makanan cepat saji tapi pengen yang healthy bisa kunjungi warung vegan Loving Hut. Lokasinya berada di Jalan Moses Gatot Kaca No. A18 dan di Jalan Demangan No. 16. Tempat makan ini buka pukul 09.30-20.30 wib. Sesuai namanya karena cepat saji jadi nggak pakai lama nunggu makanannya.
Restoran cepat saji sehat di Jogja
Pic Souce : Official instagram of lovinghutjogja


3. Via Via Jogja

Warung yang satu ini letaknya di Jalan Prawirotaman 30. Sepertinya sih ini bukan resto vegan soalnya aku lihat-lihat ada menu ayam juga. Di Via Via ini makanannya bebas msg, nasinya organik, raw veggiesnya dicuci dengan air matang, kerupuknya pun non msg serta terbuat dari sayuran, penyuka roti tenang di sini rotinya gluten-free. Oya, bahkan demi menjaga kesehatan lingkungan penggunaan sedotan hanya bila diminta saja. Kayanya oke yaa ...
restoran organik di Jogja via via
Pic Source : Official instagram of viaviajogja 


4. Milas Vegetarian

Resto ini pun letaknya di Jalan Prawirotaman IV no. 127B. Seperti namanya Milas ini hanya menyediakan makanan vegetarian, no fish and no meat. Menu yang ada di sini nggak sekadar vegetarian aja, tapi juga organik dan tanpa msg. Kalau mau datang perhatikan waktu bukanya ya karena gak tiap hari. Resto ini buka hari selasa-jumat pukul 15.00-21.00 serta sabtu-minggu pukul 12.00-21.00.
kuliner organik di Jogja Milas vegetarian
Pic Source: Official instagram of milasvegetarian


5. Kedai Organik Kolondjono

Kedai ini nggak cuma nyediain makanan sehat namun juga menjual sayuran organik dan juga madu. Buka setiap senin-sabtu pukul 14.00-22.00 wib. Buat penyuka kopi cobain deh Hot Coffee Latte dari tangan barista profesionalnya.
kuliner organik enak di Jogja Kolondjono
Pic Source : Official instagram of kedaikolondjono


6. Mie Pelangi 88

Nah yang ini buat para pecinta mie tapi tetap pengen dapetin mie yang sehat. Mie di sini terbuat dari beragam olahan sayuran seperti bayam, wortel, dan ubi sehingga menghasilkan warna yang juga berwarna-warni bak pelangi. Kedai mie ini terletak di Jalan Lempuyangan No. 1, persisnya dekat rel kereta api dan kantor PJKA DAOP6). Buka pukul 10.00-20.30, hmm cocok buat ngebruch nih, hihi ...
mie sehat di jogja mie pelangi 88
Pic Source: Official instagram of miepelangi88


Hmm, ngebayangin beragam kuliner lezat nan sehat di Jogja jadi pengen segera cus ke Jogja nih. Kalau kamu setelah melihat resto-resto tadi tertarik nyicip yang mana? Kalau aku kok langsung galfok sama daerah Prawirotamannya ya karena setidaknya sudah ada dua restoran yang menyajikan menu sehat dan ditambah lagi ada yang bilang kalau mau nyicipin Jogja rasa Eropa ya di Prawirotaman ini. 

Penginapan murah di Jogja


Liburan dan kuliner memang tak terpisahkan. Aku sudah sempat cari-cari juga sih hotel di Jogja yang cocok buat keluarga dan lokasinya strategis kemana-mana, ketemulah dengan KJ Hotel. Buat menghampiri surga kuliner di daerah Prawirotaman ini bisalah walking distance.

Lalu aku coba cek ke aplikasi travel online, pegi-pegi. Beberapa kali aku order alhamdulillah nggak ada masalah berarti. Tipsnya sih perhatikan betul tanggal serta jumlah tamu yang menginap perkamarnya.

Mudah kok mencari dan memesan hotel melalui pegi-pegi. Jangan lupa login atau register dulu sebelum memesan ya, setelah itu baru kita masukan data-datanya. Misal kaya aku maunya menginap daerah Prawirotaman, ya sudah tinggal ketik saja Prawirotaman, lalu masukkan tanggal cek in dan cek out, kemudian jumlah tamu dan kamar, selanjutnya biar kan sistem mencari.
penginapan murah di Jogja
Wow, affordable price! 

Oya kita juga bisa mem-filter pencarian kita sehingga tidak membuang-buang waktu. Mulai dari kisaran harga, pilihan bintang, jenis penginapan, kelengkapan fasilitas, hingga promo app deal. Nggak cuma itu kita juga bisa mengurutkan pencarian, apakah sesuai popularitas, harga terendah-tertinggi atau sebaliknya, hingga nilai ulasan. Buat yang mencari penginapan murah di Jogja, homestay Jogja maupun guest house Jogja sistem filterisasi ini ngebantu banget.

Sistem booking dan pembayarannya juga mudah lho. Ada waktu tenggat booking sekitar satu jam untuk menyelesaikan pembayaran, dan pembayarannya pun bisa melalui internet banking maupun Transfer ATM.

Sudah ah, aku mau bikin proposal dulu, semoga diacc sama Gusti Allah dan Pak Su ya gaes. Kalau kamu apa kota favoritnya sebagai destinasi wisata keluarga?


























12 komentar:

  1. So helpfull siss..thankyouu wi😘

    BalasHapus
  2. Memang enaknya datang ke Yogjakarta saat santai ya, supaya bisa menikmati suasana santai yang kaya begini aku suka

    BalasHapus
  3. Terimakasih atas artikelnya, pilihannya bisa dipertimbangkan kalau ke Yogya nanti

    BalasHapus
  4. Akuuu..termasuk tim bablas langsung mudik dari sesi 1 lanjut sesi 2 kwkwk
    Dan keknya kalau singgah Jogja pas otw Jakarta bisa dicoba list di atas.
    Tengkyuuu infonya Mba Dwi

    BalasHapus
  5. Naa ini...penting infonya. Kuliner plus akomodasi suatu kota. Hmmm...boleh juga nih...libur Lebaran thn 2020 apa ke Yogya aja ya. Thn ini kan ke Malang...

    BalasHapus
  6. karena aku orang Jogja, kalau liburan pengennya keluar JOgja hahahah... biasanya aku pilih Bandung atau Jakarta mba, biar dapet suasana yang beda. Kalau orang-orang lliburan pengen kembali ke desa, aku mah pengen jadi orang kota wkwkwkwk

    BalasHapus
  7. Wow, makanan sehat semua itu ya, sangat jarang di tempat saya yang menyajikan makanan sehat khususnya vegetarian

    BalasHapus
  8. Aku tertarik dengan menunya Somayoga. Patut dicoba kalo main ke Uogya, nih. Oh ya, kirain kafe-nya ada unsur yoga-nya gitu. Tau-nya, nggak ya, Mbak?

    BalasHapus
  9. asiiik aku punya referensi makanan sehat saat ke Jogja nanti nih, btw di Malang pun aku belum tahu dimana aja ya warung vegan, hehe

    BalasHapus
  10. Wah, banyaknya rekomendasi wisata ke Jogya, bikin mupeng ke sana segera. Semoga ada rezeki bisa mengunjungi kota yang kaya akan budaya serta kuliner enaknya itu.

    BalasHapus
  11. Wah aq ke Jogja udah gak keitung berapa kali. Tapi tempat kuliner sehat yg mb Dwi sebut blm aq datangi. Baiklah, noted ya. Insha allah afa rejeki k Jogja lgi. Tengkiu mb infonya...

    BalasHapus
  12. Jogja... Saya suka banget ke jogja, penting bgt nih tulisannya. Makasih mbak😍 apalagi isinya makanan sehat, mantab:)

    BalasHapus