[Review] Hotel Horison Aziza Solo; Syariah, Berkelas tapi Harga Bersahabat

Hotel syariah murah di solo

Ini kali kedua kami menginap di hotel syariah. Dulu pernah secara tidak sengaja sih saat ada acara di Bintaro, karena hotel incaran kami penuh akhirnya menginap di hotel syariah ini.

Beberapa minggu lalu, aku dan kelurga cemara kecilku pleeeeus mertua dan ontynya Alin memanfaatkan waktu liburan sekolah buat melakukan mudik yang tertunda. 

Singkat cerita, setelah kemarin kami silaturahim ke rumah-rumah saudara kami di Purwodadi dan menginap di sini, sekarang saatnya melipir sedikit ke kota sebelah, Solo. Hehe nggak sebelahan banget juga sih masih sekitar 2 jam kuranglah perjalanan Purwodadi-Solo.

Nah, saat liburan singkat di Solo beberapa waktu lalu itu suami pun googling beberapa penginapan (karena aku urusan booking, ribet euy nyariin hotel mah, hehe) dan ketemulah dengan beberapa hotel syariah. Pikirku boleh jugalah menginap di hotel syariah secara kalau yang biasa-biasa saja ya sudah tahulah ya suasananya ya begitu.

Finally, diketuklah palu di hotel Horison Aziza Solo. Di sini ini aku baru benar-benar merasakan yang truly syariah. Kalau lewat di lorong depan kamar itu berasa lagi di Tanah Suci soalnya ada lantunan ayat suci dengan suara yang lembut dan sama sekali tidak menggangu ketenangan tamu di dalam kamar.

Well, lokasi hotel ini sangat strategis. Terletak di Jalan Kapten Mulyadi No.115, Kedung Lumbu, Kota Surakarta, Jawa Tengah dekat sekali dengan pasar kliwon, pusat jajanan malam, pasar klewer, Benteng Vastenburg, juga Keraton Surakarta. Cuma ... ah ya gitu deh, nggak sempet melipir ke semua tempat itu huhuuuh ...

Secara fisik bangunan tempat kami menginap ini tak terlalu besar, desainnya cantik, konsepnya Islamic boutique. Halaman depan juga minimalis, ada kursi dan meja di terasnya cocok buat menjamu tamu dengan non mahram atau yang sifatnya semi formal. Lobbynya juga tak terlalu luas dan masih berbagi ruang dengan pajangan dagangan beberapa kain batik dan penyewaan sepeda.
Review menginap di hotel aziza horison solo
Meski space terbatas tapi terasa lega aja gitu soalnya semua disesuaikan dengan ruang yang ada.

Sedikit yang kurang sreg buatku adalah adanya kolam renang yang terletak di sisi samping lobby menuju ruang makan dan gedung utama. Sorry to say menurut aku kayanya lebih cantik dijadikan kolam ikan atau sekalian dirombak jadi mini playground buat anak yah sambil nunggu cek-in kan lumayan.
Hotel syariah keluarga murah di solo
Kedalamannya ini sekitar 60cm, nggak ada lifeguard jadi harus diawasi betul.

Memang sih kolam renangnya buat anak, tapi ... gimana yah agak kurang nyaman aja buatku sih karena banyak orang lalu lalang pastinya. Oya di sini tidak ada kolam renang untuk dewasa, namanya juga syariah yah, nggak pantes dong kolam dewasa juga di sini. 

Semua stafnya ramah, cekatan, dan nggak lupa senyum. Salam khasnya pun bukan selamat pagi, siang, malam tapi assalamualaikum, berasa kaya di rumah banget deh. Cek-innya nggak pakai ribet dan yang aku suka selama nunggu suami proses cek-in ada welcome drink kayanya sih isinya juice sayuran segar warnanya hijau dan ada serat-seratnya gitu, rasanya asem segar enak.

Oya di lantai 1 ada ruang makan, musholla, dan kamar. Di sini juga ada kolam ikan yang penuh kenangan, wkwkw lebay. Soalnya di kolam ikan inilah aku bertemu teman dumay mba Sitatur Rohmah pengusaha sekaligus penulis, keren lho beberapa kali tulisannya masuk Solo Pos.
Review aziza solo hotel
#Bloggerslyfe  

Kamar aku ada di lantai 3 dan untuk bisa ke sana kita perlu tap kartu kamar untuk bisa menggunakan liftnya. Bagus sih buat keamanan juga kan. Nah, untuk deretan angka di lift, kalau di hotel lain banyak menskip angka 4, hal ini tidak berlaku di sini. Keren kan!

Kamarku tipe deluxe twin. Kasur twinnya standar sih cukup buat 1 orang, kalau mau agak luas ya perlu didempetkan kedua kasurnya. Di kamar ini tersedia Alquran, sajadah dan petunjuk kiblat yang jelas di langit-langit. Jendela kamar tidak begitu besar tapi lumayanlah buat pencahayaan.
Cahaya sore dari balik jendela

Kamu perlu extrabed? Bisa! Rate untuk extrabed 250k/malam/kamar sudah termasuk sarapan. Tersedia juga tipe connecting room, makanya aku bilang cocok untuk liburan keluarga.

Kamar mandinya tidak begitu luas. Tipe deluxe tidak ada bathub, adanya shower gantung (tidak bisa dilepas) agak kurang nyaman sih ya apalagi pancuran airnya kurang deras. Tapi yang aku suka pembuangan airnya lancar jadi tidak sampai menggenang. Perlengkapan mandinya standar sih minus hair dryer. Di tipe ini juga tidak tersedia setrikaan.

Nah yang aku suka nih soal sarapan. Menunya sangat variatif, rasanya pun enak kecuali yang menu utama. Selama 2 kali sarapan di sini aku hampir tidak menyentuh menu utama karena rasanya dan menunya biasa. Aku justru suka menu gubugnya.
Menu halal di aziza solo
Desain ruang makan perpaduan klasik modern

Aneka buah dan salad komplit, ada fresh juice, infused water, dan lainnya. Buat kalian yang suka jejamuan juga ada lho, beras kencur dan kunir asam. Aneka bubur mulai dari kacang hijau, ketan hitam, bubur sum-sum juga ada. Nggak ketinggalan bubur nasi yang sekaligus menjadi signature dishnya dengan nama Bubur Taqwa.
Menu utama yang aku colek duluan kalo sarapan. Kalo mau nyontoh boleh. Kata gurunda, pertama buah+jus next salad sayur.
Jejamuan di hotel aziza solo
Ini hotel juga nerapin JSR apa ya?! Sukaak banget cuma aku nggak minum sih, heuheuu kwatir nggak muat yang lain, qiqiqi.
Hotel syariah horison aziza solo murah
Pecinta rebusan juga ada nih menunya.
Nasi kuning aziza solo enak
Kalau masih laper, padetin pakek ini. Aseli uenak tenan!
Bubur taqwa enak hotel aziza solo
Enyaaak ... Isiannya standar sih tapi +teri. 

Bubur Taqwa ini kata mbak-mbaknya disajikan tanpa kuah tapi aku nyobain pake kuah sup duuuh enak bangettt, sampai nambah. Gubug lainnya ada aneka rebusan, seperti pisang, kacang, dan jagung. Buat pecinta healthy food pokoknya dimanjakan banget deh.

Ada satu lagi gubug yang menunya tiap harinya ganti sih, tapi pas aku di sana enak terus. Pertama nasi kuning komplit, hari kedua pecel komplit. Egg corner dan cereal pastinya juga ada. Duuh enyaaak bangett pokoknya. Menu utama yang standar tertutupi sama menu gubug-gubug yang mantuuul ...

Seperti yang sudah aku singgung di atas, secara lokasi hotel ini sangat strategis. Butuh logistik, pakaian, dan mau sekalian makan tinggal belok kanan nyebrang sekali sampai deh di Luwes Mall. Mau nyusu segar murni juga nggak jauh dari sini, namnya Shi-Jack bukanya sore sampai malam. Mau ke Pasar Kliwon atau Pasar Klewer, Keraton, dan Benteng? Dekeeet.
Mampirnya ke Shi-Jack yang antrenya ampun-ampunan padahal rasanya B aja.

Pokoknya nggak susah kalau mau kulineran pun, karena di samping kanan hotel ada yang jualan ayam bakar, di seberang hotel ada sate dan tongseng kambing, sementara di sisi selatan (depan hotel belok kiri) tidak jauh ada makanan Timur Tengah yang enak (((katanya))) namanya Marakesh. Huhuu sayang belum nyobain.

Selama menginap di sini aku sih puas banget apalagi dengan rate 400ribu/malam/kamar yang sudah termasuk sarapan untuk 2 orang. Bahkan harganya bisa kurang lho hingga menyentuh angka 325.000/malam/kamarnya. Aku betaaaaah

Stafnya selain baik juga helpful. Bayangkan saja waktu kami lagi repot menata koper dan barang bawaan di mobil, seorang resepsionis tiba-tiba berinisiatif membawakan barang kami yang masih tersisa di lobby. Kalau OB atau bell boy kami maklum, tapi ini resepsionis kan top banget.

Next kalau ke Solo, aku mau banget menginap di sini lagi sekalian nyewa sepeda atau motor supaya puas keliling kota Solo. Saran ya saran ... Tambahin kids coner doong, please ... 😁

Okey, siyaa di cerita selanjutnya. Mau tahu objek wisata yang keren abis di sekitaran Solo (((sekitaran)))? Pokoknya ini nih yang bikin kita nggak sempat eksplor banyak sekitaran hotel padahal bisa kulakan konten banyak, wkwkw minjem istilahnya mba Damar.
Jarak Solo ke Telaga Sarangan
Ada yang kenal tempat ini? Tunggu post selanjutnya ya...

See you on next trip stories :)

9 komentar:

  1. Nah ini yang dicari semoga bisa berkunjung ke sini dan merasakan sensasi syariahnya

    BalasHapus
  2. Saya belum pernah nginep di hotel syari'ah, mbak. Kira-kira di Bali ada nggak, ya? Sepertinya seru, jadi kepingin dakuuu

    BalasHapus
  3. Wah kualitas hotel syariah tak kalah dengan hotel biasa ya Mbak. Aku juga suka hotel yg menyediakan varian sarapan. Jadi dimanja bangeet.

    BalasHapus
  4. Wah ternyata hotel syariah gak ada kolam renang dewasa ya hehe. Kali aja ada kolam renang tertutup gt mbak, maklum aku gak pernah nginep di hotel syariah. Btw, Aku juga suka sebel kalo saluran airnya sampe menggenang di kamar mandi hotel. Alhamdulillah disana enggak ya :)
    Met liburan dan eksplore Solo mba :)

    BalasHapus
  5. Biasanya kami ke Solo nginepnya hotel depan stasiun Balapan. Kayaknya perlu dicoba tuh ke hotel Horison Aziza. Duh...sarapan segitu, bisa² skip maksi deh...keunyang banget...Hehe...

    BalasHapus
  6. Wuih mantabs ini. Sayang pas di solo kemarin kita gak sempet mitap ya mba...

    BalasHapus
  7. Hehe kulakakan, jatim banget tuh.
    Btw ulasannya komplit banget Mbak Dwi. Kalo ke Solo, bisa jadi jujugan hotel nih.

    Ulasannya bikin saya tertarik ke sana.

    BalasHapus
  8. Cakep tempatnya.Bersih, rapi dan rate-nya mayan banget. Aku kebiasaan numpang2 aja kalau ke Solo, jadi gak pernah nyobain hotel di sana, parah, wkwkw. Harus dicoba nih,kalau pas kangen Pasar Klewer.

    BalasHapus
  9. Usulan kid corner ntar diterima, hehe...penting ya mb sebuah hotel untuk mnyediakan ruang khusus bermain anak, biar anak2 lebih betah lgi. Suiipp.



    BalasHapus